Berita Banjarbaru

Relawan Demokrasi Bertambah, Partisipasi Pemilih Pemilu 2019 Harus Tembus di Angka 77,5 Persen

Hegar menyebutkan harapannya dengan tambahan relawan demokrasi ini bisa menambah elektabilitas pemilih untuk meluangkan suara di Pemilu 2019 mendatang

Relawan Demokrasi Bertambah, Partisipasi Pemilih Pemilu 2019 Harus Tembus di Angka 77,5 Persen
banjarmasinpost.co.id/nurholis huda
Ketua KPU Banjarbaru bersama relawan Demokrasi usai pembekalan di Fave Hotel Banjarbaru, Sabtu (19/1/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Sebanyak 55 orang berkumpul di salah satu aula Fave Hotel Banjarbaru, Sabtu (19/1/2019). Ada yang muda ada sudah berpengalaman mereka membaur menjadi satu.

Mereka tampak serius mendengarkan arahan dari ketua KPU Banjarbaru, Hegar Wahyu Hidayat. Ya, mereka adalah relawan demokrasi bentukan KPU yang sedang dibekali ilmu kepemiluan oleh KPU Banjarbaru.

Menurut ketua KPU Banjarbaru, Hegar Wahyu Hidayat, sengaja KPU melakukan rekruitmen relawan untuk membantu KPU dalam melakukan tugas. Program ini adalah program KPU seluruh kabupaten kota, termasuk di KPU Kota Banjarbaru.

Secara umum, kata Hegar, tujuan dibentuknya relawan pemilu itu membantu KPU untuk mensosialisasi kan tahapan Pemilu 2019 ke masyarakat.

"Selain itu tugas mereka menyampaikan pemahaman terkait Pentingnya demokrasi, pemilu dan partisipasi pemilih, selanjutnya menginformasikan tanggal, hari dan jam pemungutan suara. Kemudian Tata cara pemberian suara dalam pemilu Pengenalan peserta pemilu (pasangan calon presiden dan wapres, partai politik dan DPD) serta hal-hal lain yang dianggap sesuai dengan kebutuhan basis pemilih, " kata dia.

Baca: Foto Terakhir Dylan Sahara & Ifan Seventeen Sebelum Meninggal Diterjang Tsunami Banten, Cantik!

Baca: Model Rambut Baru Maia Estianty Bikin Pangling, Istri Irwan Mussry Ini Identik dengan Wanita Hamil?

Baca: Reaksi Menohok Luna Maya Saat Foto Mesranya Bareng Ariel NOAH Diungkap Sebelum Pacari Reino Barack

Hegar menyebutkan harapannya dengan tambahan relawan demokrasi ini bisa menambah elektabilitas pemilih untuk meluangkan suara di Pemilu 2019 mendatang.

Dijelaskan dia, tingkat partisipasi pemilih di 2019 ini ditarget 77, 5 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 156.347 pemilih.

"Kita harus optimis, capaian itu tembus," kata dia.

Sementara, salah satu Relawan, Sahrawardi, menyebutkan sudah siap membantu KPU. "Kalau saya penyuluh agama sih sebetulnya. Tapi saya ditugaskan untuk membantu KPU," kata dia.

Relawan lainnya, juga ada dari lulusan SMK. "Kebetulan saya baru lulus dari SMK dan kebetulan ada pembukaaan relawan demokrasi jadi saya daftar," kata Andre.

Untuk diketahui, daftar pemilih tetap di banjarbaru ada sebanyak 156.347 pemilih dengan rincian ada sebanyak 76.970 pemilih laki laki dan sebanyak 79.377 adalah pemilih perempuan. Untuk jumlah TPS nya dari lima kecamatan 20 kelurahan tersebut sebanyak 732 TPS. (banjarmasinpost.co.id/nurholis huda).

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved