Berita Kabupaten Banjar

Durian si Lasung Juara Kontes Durian 2019 di Obyek Wisata Danau Tamiyang Desa Mandikapau

Anita Fitriani sumringah durian miliknya yang diberi nama si Lasung meraih juara pertama pada Kontes Durian dan Gelar Buah Eksotik di Danau Tamiyang.

Durian si Lasung Juara Kontes Durian 2019 di Obyek Wisata Danau Tamiyang Desa Mandikapau
banjarmasinpost.co.id/hasby suhaili
Anita, pemilik duran si Lasung juara kontes durian di Danau Tamiyang, Mandikapaubarat, Kabupaten Banjar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN — Anita Fitriani sumringah durian miliknya yang diberi nama si Lasung meraih juara pertama pada Kontes Durian dan Gelar Buah Eksotik di Obyek Wisaya Danau Tamiyang Desa Mandikapaubarat Kecamatan Karangintan Kabupaten Banjar, Selasa (22/1/2019).

Dirinya bahkan tidak menyangka bisa mengalahkan varietas lainnya.

“Tidak menyangka bisa juara, durian bernama si Lasung dari Desa Biih, aromanya memang terasa serta daging buahnya yang tebal menjadi ciri khas durian dari Desa Biih. Bersyukur meraih juara pertama,” katanya.

Petani durian, Ardani dari Desa Mandikapautimur meraih juara tiga, duriannya diberi nama si Waluh. Dirinya mengembangkan varietas ini sudah lima tahun dan baru tahun ini meraih juara di Kontes Durian.

“Bersyukur bisa juara, saya beri nama si Waluh karena bentuk buahnya seperti waluh (labu). Cara menanamnya tidak ada yang spesial dan tidak ada mengalami kesulitan, sederhana saja,” katanya.

Baca: Pengumuman KemenPan-RB! 100 Ribu lowongan CPNS Dibuka Maret 2019, untuk Kalsel?

Baca: Tanpa Pengacara, Pembunuh Levie Prisilia Dalam Mobil di Gambut Tenang Diperiksa Jaksa

Baca: Beda Perlakuan Al Ghazali pada Adiknya dari Anak Mulan Jameela & Maia Estianty Diposting Ahmad Dhani

Adapun nama-nama pemenang Kontes Durian di Mandikapaubarat Karangintan Kabupaten Banjar itu adalah, juara satu diraih Anita Fitriani dengan durian si Lasung dari Desa Biih, juara kedua Supriadi dengan nama durian si Tembaga dari Desa Biih, juara tiga diraih Ardani durian si Waluh dari Desa Mandikapautimur.

Sedangkan juara harapan tiga diraih Muhammad Solihin nama durian si Elang Desa Mandikapaubarat, juara harapan dua diraih Masnun dari Desa Mandikapautimur nama durian si Kanas, juara harapan pertama diraih Nursamsu nama durian si Taruna dari Desa Biih.

Pada Kontes Durian dan Gelar Buah Eksotik Banjar 2019 itu hadir dari Kementan yakni Dirjen Hortikultura Kementan, Suwandi, Direktur Buah dan Florikultura, Sarwo Edhy, Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Prof Erizal Jamal serta dihadiri Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis:
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved