Berita HST

Regenerasi Ulama, Pemkab HST Berangkatkan Tiga Santri ke Luar Negeri Dibiayai Sampai Lulus

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah kembali memberangkatkan tiga santri untuk belajar ke luar negeri, dengan biaya ditanggung sampai lulus.

Regenerasi Ulama, Pemkab HST Berangkatkan Tiga Santri ke Luar Negeri Dibiayai Sampai Lulus
HO/Humas Pemkab HST
Santri asal Hulu Sungai Tengah yang sedang belajar di Timur Tengah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah kembali memberangkatkan tiga santri untuk belajar ke luar negeri, dengan biaya ditanggung sampai lulus. Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah HST, H Ahmadi Rabu (23/1/2018) mengatakan, tiga santri yang mendapat kesempatan belajar ke luar negeri itu adalah satri berprestasi di ponpes masing-masing.

Adapun negara tujuan  menuntut ilmunya, adalah Timur Tengah, dalam rangka memperdalam Agama Islam. Tujuannya, adalah regenasi ulama di HST, serta menyiapkan kader pendakwah putera daerah dalam menyebarkan syiar Isllam, khususnya d Bumi Murakata,”kata Ahmadi, melalui press rilis Kabag Humas Pemkab HST, Ramdhan.

Pemerintah Kabupaten sendiri menyerahkan pihak pengelola Ponpes-ponpes HST, untuk menentukan santrinya yang diajukan ke Pemkab HST, untuk selanjutnya diseleksi mendapat beasiswa ke negeri Timur Tengah tersebut. Sebab, pihak ponpes dinilai lebih mengenal dan mengetahui prestasi dan kemampuan santrinya tersebut.

Baca: Jadwal Pendaftaran CPNS 2019 dan P3K 2019, Simak Formasi dan Pantau Link sscn.bkn.go.id

Baca: Arti Gong Xi Fa Cai yang Sering Diucapkan Saat Tahun Baru Cina, Bukan Selamat Tahun Baru

Baca: Uang Jajan Putra Maia Estianty, Dul Jaelani dari Irwan Mussry Terungkap, Sama dengan Ahmad Dhani?

 “Terkait persyaratan santri yang mendapatkan beasiswa, Akhmadi menerangkan harus lulus seleksi setelah mendapatkan rekomendasi dari pondok pengelola atau pegasuh pesantren yang bersangkutan. Termasuk mendapat rekomendasi  Majelis Ulama Indonesia (MUI) HST,”katanya.

Disebutkan, seleksi dilakukan agar santri yang dikirim, benar-benar yang mau dan serius menuntut ilmu serta sudah mempunyai pengalaman dan ilmu yang cukup agar ketika di negeri seberang lebih mudah menyesuaikan diri. Syarat lainnya, jika sudah selesai belajar, harus kembali ke daerah dan berdakwah di HST.

Menurut Ahmadi, sampai 2019 ini, sudah ada sembilan santri berprestasi yang menerima beasiswa belajar di luar negeri dari Pemkab HST. Enam orang belajar di Mesin, tiga orang ke Yaman. UNtuk santri yang diberangkatkan terakhir tadi, dua orang ke Mesir, satu orang ke Yaman.

“Tahun 2019 ini kami menargetkan memberikan kembali beasiswa untuk lima orang,”katanya. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved