OTT KPK

OTT KPK di Provinsi Lampung Berhasil Bekuk Bupati Mesuji, Kasus Suap Proyek Infrastruktur

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan di Provinsi Lampung. Kali ini, KPK menangkap Bupati Mesuji Khamami

OTT KPK di Provinsi Lampung Berhasil Bekuk Bupati Mesuji, Kasus Suap Proyek Infrastruktur
KOMPAS/VINA OKTAVIA
Situasi Markas Kepolisian Daerah Lampung, Kamis (24/1/2019) dini hari. KPK kembali melakukan operasi tangkap di Lampung. Kali ini, KPK menangkap Bupati Mesuji Khamami, PNS di Pemkab Mesuji, dan sejumlah pihak swasta. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANDAR LAMPUNGKomisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan di Provinsi Lampung. Kali ini, KPK menangkap Bupati Mesuji Khamami dan sejumlah pihak swasta. Khamami, ditangkap terkait kasus suap di proyek infastruktur.

Berdasarkan pantauan Kompas, sejumlah orang yang terkena OTT sempat diperiksa di Markas Kepolisian Daerah Lampung, sejak Rabu (23/1/2019) hingga Kamis (24/1/2019).

Pihak swasta berinisial AS, (diduga rekanan yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Mesuji) dibawa ke luar Polda Lampung sekitar pukul 03.30 WIB. AS dibawa keluar setelah diperiksa sekitar enam jam.

Khamami merupakan bupati yang telah menjabat dua periode. Dia pertama kali terpilih sebagai bupati periode 2012-2017. Dia kembali terpilih sebagai bupati periode kedua, yakni selama periode 2017-2022.

Baca: Gelar OTT di Lampung, KPK Sebut Tangkap Tangan Kepala Daerah dan Pihak Swasta

Baca: Link Live Streaming Indonesia Masters 2019 - 3 Perang Saudara Tontowi/Liliyana Vs Hafiz/Gloria!

Baca: Di Tangan Selamet, Korban Kecelakaan yang Tak Bisa Jalan Akhirnya Bisa Lakukan Ini


Situasi Markas Kepolisian Daerah Lampung, Rabu (23/1/2019). KPK kembali melakukan operasi tangkap di Lampung. Kali ini, KPK menangkap Bupati Mesuji Khamami, PNS di Pemkab Mesuji, dan sejumlah pihak swasta.(KOMPAS/VINA OKTAVIA)

Adapun Khamami tidak dibawa dan diperiksa di Polda Lampung. Dia diperiksa di Markas Polres Mesuji. Hingga Kamis, belum ada pejabat Polda Lampung yang dapat dikonfirmasi terkait OTT tersebut.

Di Jakarta, juru bicara KPK Febri Diansyah membenarkan adanya OTT KPK terhadap Bupati Mesuji. Kegiatan tangkap tangan dilakukan malam ini hingga dini hari di tiga tempat, yakni Bandar Lampung, Lampung Tengah, dan Mesuji. KPK mengamankan delapan orang dari unsur Kepala Daerah/Bupati, PNS dan Swasta.

Menurut dia, OTT tersebut diduga terkait dugaan transaksi suap proyek infrastruktur di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Kabupaten Mesuji tahun 2018. KPK menyita sejumlah uang dalam pecahan Rp100.000 di dalam kardus. Saat ini, KPK memiliki waktu 24 jam untuk menentukan status pihak-pihak yg ditangkap.

Baca: Ternyata Penerimaan CPNS 2019 Maret Nanti Khusus Tiga Daerah Ini, Kalsel dan Kalteng?

Baca: Jadwal & Link Live Streaming Indonesia Masters 2019 Kamis (24/1) Babak 16 Besar Mulai Jam 10 WIB


Juru bicara KPK Febri Diansyah menjelaskan tentang operasi tangkap tangan terhadap sejumlah pejabat di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, dan Surabaya, Jawa Timur, Kamis (4/1). Enam orang diamankan dalam penangkapan itu.(Kompas/Rini Kustiasih)

OTT KPK terhadap Bupati Mesuji merupakan yang pertama tahun 2019. Tahun sebelumnya, KPK juga melakukan OTT terhadap Bupati Lampung Tengah Mustafa dan Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan.

Mustafa divonis tiga tahun penjara oleh pengadilan Tipikor Jakarta 23 Juli 2018. Mustafa terbukti menyuap anggota DPRD Lampung Tengah (Lamteng) sejumlah Rp 9,6 miliar. Penyuapan dilakukan bersama dengan Kepala Dinas Bina Marga Lamteng, Taufik Rahman. Adapun Bupati Lampung Selatan diduga terlibat tindak pencucian uang senilai Rp 57 miliar.

Hai Guys! Berita ini ada juga di KOMPAS.com

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved