Berita Banjar

Bupati Banjar Serahkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Kecamatan Pengaron

Bupati Banjar Serahkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Kecamatan Pengaron

Bupati Banjar Serahkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Kecamatan Pengaron
Dok Kominfo Banjar untuk BPost Group
Bupati Banjar H Khalilurrahman menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran di Jalan Gembira Desa Benteng Kecamatan Pengaron Kabupaten Banjar, Jumat (25/1/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Api melalap tujuh rumah di Jalan Gembira Desa Benteng Kecamatan Pengaron Kabupaten Banjar, sekitar pukul 04.13 wita, Jumat (25/1).

Empat rumah rusak berat dan tiga rumah rusak ringan, para korban kebakaran yang rumahnya mengalami rusak berat pasca kebakaran terpaksa sementara menginap di tenda-tenda darurat.

Bupati Banjar H Khalilurrahman, Sekda Banjar H Nasrunsyah didampingi Kepala BPBD Kabupaten Banjar HM Irwan Kumar, Kasi Perlindungan Sosial dan Korban Bencana Dinsos Banjar Sri Harlina, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Farid Soufian serta Kepala BPBD Provinsi Kalsel Wahyuddin bersama-sama seusai salat Jumat langsung menuju lokasi kebakaran memberikan bantuan ketanggapdaruratan.

Bupati Banjar H Khalilurrahman kepada para korban kebakaran mengatakan, kejadian ini merupakan musibah dan mudah-mudahan ada hikmahya. Pria yang akrab disapa Guru Khalil itu meminta warga agar selalu waspada terhadap musibah kebakaran, jika meninggalkan rumah agar mematikan api kompor, obat nyamuk dan listrik.

Baca: Sosok Tommy Tjokro & Anisha Usai Karni Ilyas & Najwa Shihab Santer Jadi Moderator Debat Pilpres 2019

"Namanya musibah dan mudah-mudahan ada hikmahnya. Seperti rumah di Pengaron yang juga menjadi korban kebakaran beberapa waktu lalu, kini sudah terbangun dan menjadi bagus, hati-hati saat mau tidur dan matikan api, obat nyamuk dan jangan meninggalkan rumah sebelum mematikan api dan listrik," katanya

HM Irwan Kumar mengatakan, bantuan seperti mie, air mineral, terpal, selimut dan peralatan mandi, piring, sendok, gelas, piring, tikar dan peralatan sekolah untuk anak-anak serta pakaian layak pakai ada dua karung dari provinsi. Dirinya pun mengingatkan agar selalu waspada, antar tetangga saling mengingatkan mematikan api dan listrik yang tidak digunakan.

Kapolsek Pengaron, Iptu Suroto melalui Kanit Reskrim, Aipda Ibnu Ismanto mengatakan, pihaknya terus mendata korban kebakaran untuk lebih memastikan lagi jumlah rumah yang terbakar. Data sementara ada tujuh rumah.

Untuk korban kebakaran rusak berat yakni rumah milik Wahyu, Jatun, dan Mencah, sedangkan rumah yang rusak ringan yakni Wahidah, Enor dan rumah milik Samsul.

“Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan,” ucap Ibnu Ismanto.

Baca: KH Maruf Amin Minta Masyarakat Berpartisipasi Dalam Pemilu 2019 Meski Berbeda Pilihan

Saat kebakaran api membumbung cukup tinggi, beruntung relawan barisan pemadam kebakaran dan UPTD Damkar Kabupaten Banjar cepat tiba di lokasi sehingga api segera diatasi.

Komandan regu UPT Damkar yang menangani kebakaran di Pengaron, Faisol mengatakan, api menyala selama 30 menit dan selama proses pemadaman berlangsung lancar dan tidak ada gangguan.

"Satu regu piket yang berangkat juga ada tambahan," ucapnya.

(banjarmasinpost.co.id/Hasby Suhaily)

Penulis:
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved