Berita Banjarmasin

Bripka Samosir Pernah Digigit Anjing Milanois, Begini Fakta Unit Satwa K9 Polda Kalsel

Perawakan gagah, besar dan tegap. Bulunya hitam kecokelatan. Suara gonggongnya sangat nyaring. Dia adalah Rob, seekor anjing

Bripka Samosir Pernah Digigit Anjing Milanois, Begini Fakta Unit Satwa K9 Polda Kalsel
banjarmasinpost.co.id/ghanie
Anggota Jibom Brimob dan K9 Polda Kalsel saat menyisir situasi Duta Mall Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Perawakan gagah, besar dan tegap. Bulunya hitam kecokelatan. Suara gonggongnya sangat nyaring. Dia adalah Rob, seekor anjing berjenis Milanois milik Unit Satwa K9 Ditsamapta Polda Kalsel.

Kendati hanya seekor hewan, kehebatan Rob tidak bisa dipandang sebelah mata. Rob mampu mendeteksi keberadaan narkotika berbagai jenis yang tersembunyi hanya dengan beberapa kali endusan.

Rob merupakan satu dari 10 anjing yang dimiliki unit Satwa K9 Ditsamapta Polda Kalsel. Sepuluh ekor anjing itu memiliki kehebatan sesuai fungsinya masing-masing.

Namun dibalik kehebatan anjing tersebut tentunya tidak terlepas dari ketelatenan dan kesabaran pawangnya. Salah satu pawang anjing tersebut ialah Bripka A F Samosir.

Baca: Sosok Tommy Tjokro & Anisha Usai Karni Ilyas & Najwa Shihab Santer Jadi Moderator Debat Pilpres 2019

Baca: Link Live Streaming Kompas TV & Jadwal Semifinal Indonesia Masters 2019, Marcus/Kevin vs Denmark

Saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (25/1) siang, Samosir menceritakan dia menjadi pawang anjing sejak 2008 lalu atau setahun setelah menjadi anggota Polri.

“Awal masuk polisi, saya ingin masuk Reskrim. Tapi karena tuntutan tugas, akhir saya dipindahkan ke Unit Satwa K9,” ujarnya.

Menjadi pawang anjing butuh proses.

“Saya sendiri harus mengikuti pendidikan basic kejuruan sebelum jadi pawang. Untuk basic kejuruan, saya sudah dua kali mengikuti. Pertama bidang pelacak umum (cakum) dan narkotika,” ujarnya.

Selain itu, yang juga tidak kalah penting, seorang pawang harus pecinta hewan, terutama anjing.

“Kesabaran dan ketelatenan juga menjadi hal utama yang harus dimiliki setiap pawang anjing.Kalau anjing dan pawang sudah menyatu, mereka sulit berpisah dan akan terjalin sebuah hubungan simbiosis,” ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved