Serambi Mekkah

Hindari Kepunahan, Begini Upaya Dinas TPH Banjar Kembangkan Buah Mundar

Bupati Banjar KH Khalillurahman mengaku bangga atas prestasi yang didapatkan daerahnya pada ajang Pameran Buah Eksotik di Kiram Park, Kamis (24/01/201

Hindari Kepunahan, Begini Upaya Dinas TPH Banjar Kembangkan Buah Mundar
DINAS TPH BANJAR UNTUK BPOST GROUP
Buah Mundar ini akan dilestarikan dan dikembangkan oleh Dinas TPH Banjar karena buah eksotis ini kian langka. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Bupati Banjar KH Khalillurahman mengaku bangga atas prestasi yang didapatkan daerahnya pada ajang Pameran Buah Eksotik di Kiram Park, Kamis (24/01/2019).

Buah Mundar (Manggis Merah) yang merupakan buah khas Banjar terpilih sebagai salah satu juara pads Kategori Favorit Enak.

"Mengingat potensi yang besar tersebut, saya selalu menyampaikan kepada jajaran Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Banjar berserta seluruh masyarakat khususnya para petani di kawasan sentra produksi buah-buahan untuk terus mengembangkan komoditas tersebut sesuai potensi buah-buahan setempat," ucap Khalilurrahman, Sabtu (26/01/2019).

Orang nomor satu di Bumi Barakat yang akrab disapa Guru Khalil ini berharap kalangan petani melakukan pemeliharaan tanaman dan kebun secara lebih intensif.

DINAS TPH BANJAR UNTUK BPOST GROUP - Buah Mundar ini

akan dilestarikan dan dikembangkan oleh Dinas TPH Banjar

karena buaheksotis ini kian langka

Ini penting agar dalam beberapa tahun mendatang di Banjar berkembang sebagai sentra produksi buah-buahan baru.

"Jadi, Banjar tak sebatas mampu menghasilkan produk buah yang banyak tapi juga buah-buahan yang berkualitas," tandas Guru Khalil.

Kepala Dinas TPH Banjar H Fachry mengatakan Kabupaten Banjar terkenal sebagai penghasil buah-buah lokal, termasuk buah eksotik khas Banjar. Namun saat ini keberadaannya makin langka.

"Buah-buah eksotik ini merupakan kekayaan alam kita yang tidak ada di daerah lain, sehingga sangat disayangkan jika lambat laun akan punah jika tidak dibudidayakan. Apalagi pohonnya juga makin tua," senutnya.

Karena itu, pihaknya dari jajaran Dinas TPH Kabupaten Banjar akan terus melestarikan dan mengembangkan Buah Mundar dan buah-buahan eksotis lainnya sebagai kekayaan plasma nuftah Kabupaten Banjar.

(*/aol)

Penulis: Idda Royani
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved