Bumi Murakata

Bantu Masyarakat, Pemkab HST Bakal Bedah 785 Rumah Tahun Ini

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah kembali memberikan bantuan bedah rumah untuk rumah tidak layak huni (RTLH) pada tahun ini sebanyak 785.

Bantu Masyarakat, Pemkab HST Bakal Bedah 785 Rumah Tahun Ini
Humas Pemkab HST
Masfaridi, Warga RT 06 RW 03 Kelurahan Barabai Darat, saat mendapatkan bantuan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah kembali memberikan bantuan bedah rumah untuk rumah tidak layak huni (RTLH) pada tahun ini sebanyak 785.

Bantuan bedah rumah ini berasal dari berbagai sumber anggaran. Mulai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) hingga Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBD).

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman Kabupaten Hulu Sungai Tengaj, M Fajaruddin, mengatakan pihaknya melanjutkan program bedah rumah mengurangi jumlah rumah tak layak huni di HST. Ia berharap dengan adanya bantuan ini bisa mengurangi jumlah RTLH. Apalagi, ditarget dalam beberapa tahun ke depan tak ada lagi RTLH.

“Itu seiring dengan visi misi Kabupaten HST mengenai peningkatan pembangunan perumahan layak huni yang merata. Ini juga program pengentasan kekumuhan” katanya.

Masfaridi, Warga RT 06 RW 03 Kelurahan Barabai Darat, saat mendapatkan bantuan.
Masfaridi, Warga RT 06 RW 03 Kelurahan Barabai Darat, saat mendapatkan bantuan. (Humas Pemkab HST)

Dikatakan Fajar, dalam menjalankan program bedah rumah, kedepannya pihaknya juga berupaya merangkul sejumlah pihak swasta, yakni dengan mengarahkan program Corporate Social Responsibility (CSR) dari BUMN yang ada di HST. Selain itu, juga ada anggaran bedah rumah melalui dana desa.

Dalam memberikan bantuan program bedah rumah, diakui Fazar, pihaknya harus melakukan seleksi ketat terhadap usulan RTLH sasaran bedah rumah melalui tim verifikasi yang terjun langsung ke lapangan.

"Semua calon penerima bantuan harus memenuhi persyaratan yang akan di cek langsung oleh tim verifikasi. Hal itu dilakukan agar program bedah rumah tidak salah sasaran," tegasnya.

Masfaridi, Warga RT 06 RW 03 Kelurahan Barabai Darat, satu di antara ratusan penerima program bedah rumah RTLH, mengaku senang atas kepedulian Pemkab HST.

“Kondisi rumah kami dindingnya banyak yang bolong. Atapnya banyak yang bocor. Untuk memperbaikinya kami tidak ada biaya, jadi saya sangat berterima kasih atas bantuan ini," ujarnya. (AOL/*)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved