Berita Tanahlaut

Bupati Sukamta Ingin Perekaman Kependudukan Bisa Di Kantor Desa

Luasnya wilayah Kabupaten Tanahlaut menjadikan warga harus menyiapkan waktu khusus untuk melakukan perekaman kependudukan di Disdukpencapil di pusat

Bupati Sukamta Ingin Perekaman Kependudukan Bisa Di Kantor Desa
Humas Kabupaten Tanahlaut
Bupati Tanahlaut, Sukamta berfoto usai menerima penghargaan Pemerintah Kabupaten Peduli HAM dari Menteri Kemenkumham RI, Yasonna H. Laoly di Jakarta, Senin (11/12/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Luasnya wilayah Kabupaten Tanahlaut menjadikan warga harus menyiapkan waktu khusus untuk melakukan perekaman kependudukan di Disdukpencapil di pusat kota Pelaihari.

Salah satunya warga Tambang Ulang, Yanti. Ungkapnya saat ini ia masih belum mengurus perubahan data di tempat lahirnya yang mengalami kesalahan.

"Belum diurus masih, soalnya jauh lagi ke Pelaihari, sementara saya kerja tiap hari ke Lianganggang Banjarbaru,"sebutnya, Senin (28/01/2019).

Tak hanya Yanti, warga Jorong, Ari kepada Banjarmasinpost.co.id mengatakan juga belum mengurus perubahan kartu keluarnya. Padahal kini ia sudah berkeluarga namun masih menumpang di keluarga orangtuanya.

"Mau mengurus tapi jauh, jadi nanti saja kalau pas dapat cuti," ujarnya.

Banyaknya keluhan warga terkaitnya jauhnya jarak untuk mengurus dokumen kependudukan dibenarkan Bupati Tanahlaut Sukamta.

Ia mengatakan memang banyak warga di pelosok desa mengeluhkan jauhnya jarak dan pangjangnya antrean saat mengurus dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil).

Oleh karena itu sebutnya ia tengah menggodok rencana agar perekaman KTP elektronik dan dokumen kependudukan di kantor desa.

"Nantinya kita akan rancang agar perekaman kependudukan bisa dilakukan di kantor desa saja, jadi warga yang jauh tak perlu datang ke kota," sebutnya.

Terlebih kini sebutnya perkembanagn teknologi sudah canggih, sehingga perekaman e-KTP dan data base Disdukcapil Tanah Laut bisa dikirim melalui tekonologi ke desa-desa.

"Dengan kemajuan teknologi perekaman e-KTP dan database Disdukpencapil Tanah Laut dapat dikirim ke masing-masing desa,"ungkapnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Milna)

Penulis: Milna Sari
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved