Berita Banjarbaru

Pekerja Kapal Kargo Ini Masih Belum Berani Melaut, Potensi Cuaca Ekstrem Hingga Februari

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun meteorologi kelas 2 Syamsudin Noor kondisi cuaca tidak lagi bersahabat.

Pekerja Kapal Kargo Ini Masih Belum Berani Melaut, Potensi Cuaca Ekstrem Hingga Februari
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Mendung terus menggelayuti langit Tanahbumbu, Jumat (10/1/2014). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Hingga akhir Januari 2019 ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun meteorologi kelas 2 Syamsudin Noor mengingatkan kondisi cuaca tidak lagi bersahabat. Selain gelombang tinggi juga angin kencang. Potensi cuaca Ekstrem Hingga Februari .

Belum stabil, untuk prakiraan cuaca kelautan Kalimantan Selatan berlaku Rabu 30 Januari sampai dengan Kamis 31 Januari tidak ada peringatan dini untuk ketinggian gelombang alias nihil. ketinggian maksimum 1,25 m saja.

Namun bagi Ijai, warga Banjarmasin ini mengaku sudah 16 hari lebih tidak melaut. Dia lebih banyak diam di kantor saja karena kondisi cuaca di laut lagi tidak bersahabat, alias ekstrem. Dia bekerja di kapal kargo

"Betul cuaca lagi sangat tidak bagus, untuk melaut tidak dulu. Masih gelombang tinggi, Sudah 16 hari tidak melaut. Rata- rata gelombang antara dua sampai 2,5 meter ," katanya.

Baca: BREAKING NEWS : Kecelakaan Terjadi di Jalan Sultan Adam, Seorang Pengendara Tewas di Tempat

Baca: Begini Kronologi Kecelakaan Lalu Lintas yang Tewaskan Seorang Mahasiswa Asal Batola Selasa Malam

Baca: Korban Kecelakaan Maut di Sultan Adam Ternyata Mahasiswa Uniska, Karyawan Grapari Telkomsel

Koordinasi pun terus dilakukannya dengan rekan yang kebetulan sudah telanjur bertahan di tengah lautan untuk menginformasikan kondisi cuaca kelautan terkini.

"Betul koordinasi pastinya, bila cuaca masih buruk di laut kita belum berangkat itu nunggu cuaca reda atau bersahabat dulu baru kita berangkat ke tengah laut" katanya.

Kepala BPBD Kalsel Wahyudin mengimbau kepada masyarakat agar selalu memperhatikan peringatan dini cuaca yang dikirim BMKG di media sosial untuk mengurangi risiko bencana yang setiap saat bisa terjadi.

Dia juga meminta masyarakat apabila terjadi bencana segera menghubungi BPBD setempat atau aparat terdekat untuk mengirim data lokasi dan korban yang terdampak.

"Untuk cuaca ekstrem potensinya masih sampai bulan februari l," ucap KASI observasi dan informasi stasiun meteorologi Syamsudin Noor Riza Arian Noor, Selasa (29/1)

Tetap mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan dari curah hujan tinggi dan angin kencang yang akan terjadi pada akhir Januari 2019 ini.
Antara lain potensi banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.  (banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved