Berita Tanahlaut

HIPMI Kalsel Sasar Potensi Usaha Pertanian Tanahlaut, Lakukan Kerjasama dengan HKTI

Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kalsel bakal menyasar Kabupaten Tanahlaut untuk menggali potensi usaha pertanian

HIPMI Kalsel Sasar Potensi Usaha Pertanian Tanahlaut, Lakukan Kerjasama dengan HKTI
Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari
Penyerahan kenang-kenangan antara HIPMI Kalsel dengan HKTI Kabupaten Tanahlaut di Kelurahan Saranghalang, Senin (04/02/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kalsel bakal menyasar Kabupaten Tanahlaut untuk menggali potensi usaha pertanian.

Hal itu ditandai dengan kunjungan kerjsama HIPMI Kalsel bersama Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Tanahlaut di Kelurahan Saranghalang, Senin (04/02/2019).

Tak hanya berkunjung ke kantor HKTI Kabupaten Tanahlaut, HIPMI juga melihat langsung sektor pertanian potensial di Kabupaten Tanahlaut.

Mulai dari usaha perkebunan jagung, sawit hingga budidaya ikan Lele.

Plt Ketua Umum BPD Hipmi Kalsel, Ilham kepada Banjarmasinpost.co.id mengatakan memang pihaknya dalam rangka audiensi HKTI Kalsel namun bertempat di HKTI Kabupaten Tanahlaut.

Baca: Daftar Lengkap Ucapan Selamat Imlek 2019 Tahun Baru China 2570 Selain Gong Xi Fat Chai

Baca: Cek Pemeringkatan SNMPTN 2019 dan Akreditasi Sekolah di Sini, Pendaftaran SNMPTN Mulai Dibuka

Baca: VIDEO Kreasi Mahasiswa Politeknik Negeri Tanahlaut, Limbah Mesin Disulap Jadi Souvenir & Media Tanam

Alasan diadakan di Tanahlaut jelas Ilham karena Kabupaten Tanahlaut memiliki potensi usaha pertanian yang potensial.

"Kita sedang melihat peluang apa yang bisa digarap oleh HIPMI bersama HKTI agar bisa saling menguntungkan," ujarnya.

Pertemuan HIPMI Kalsel dengan HKTI Kalsel dan HKTI Tanahlaut di Kelurahan Saranghalang, Senin (04/02/2019).
Pertemuan HIPMI Kalsel dengan HKTI Kalsel dan HKTI Tanahlaut di Kelurahan Saranghalang, Senin (04/02/2019). (Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari)

Usai pertemuan pertama ia berharap akan muncul ide dan peluang yang bisa dimanfaatkan oleh HIPMI Kalsel untuk digarap di Tanahlaut.

"Tentu pertemuan ini tidak bisa sekali, akan kita lanjutkan ke pertemuan selanjutnya sekaligus kita merancang kerjasama nanti dalam bentuk apa," jelasnya.

Namun HIPMI Kalsel tambahnya siap membantu usaha pertanian petani di Kabupaten Tanahlaut baik dalam bentuk pemasaran, memperbanyak pengusaha muda yang bergerak di sektor pertanian, penanaman modal dan lain-lain.

Sementara Ketua HKTI Kabupaten Tanahlaut, Samsul Bahri mengatakan adanya kerjasama dengan HIMPNi disambut baik HKTI Kabupaten Tanahlaut.
Ia berharap kehadiran HKTI bisa memecahkan masalah petani di Tanahlaut yang lebih banyak kesulitan dalam permodalan dan pemasaran.

"Selama ini petani kita untuk produksi sudah bagus karena mereka sudah pengalaman dalam pertanian hanya tinggal pemasaran dan modal," ujarnya.

Saat ini tambahnya sudah ada 55 kelompok tani yang tergabung dalam HKTI Kabupaten Tanahlaut. Mereka bergerak disektor pertanian, perkebunan, peternakan hingga perikanan.

(Banjarmasinpost.co.id/Milna)

Penulis: Milna Sari
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved