KalselPedia

KalselPedia: Inilah SOPD di Lingkungan Pemkab Tapin, Tugas Bantu Realisasikan Visi Misi Bupati Tapin

Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di Kabupaten Tapin, adalah organisasi yang melayani kepentingan masyarakat di Bumi Ruhui Rahayu.

KalselPedia: Inilah SOPD di Lingkungan Pemkab Tapin, Tugas Bantu Realisasikan Visi Misi Bupati Tapin
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Kantor Bupati Tapin di Jalan Brigjend Hasan Basri, Kelurahan Rantau Kiwa merupakan Sentra Organiasi Perangkat Daerah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di Kabupaten Tapin, adalah organisasi yang bertugas melayani kepentingan masyarakat di Bumi Ruhui Rahayu.

Pejabatnya merupakan orang yang memiliki kemampuan dan penilaian dari bupati Tapin yang berangkat eselon II.

Itu karena mereka dilantik dan diambil sumpahnya untuk mampu merealisasikan visi dan misi dan program kerja Bupati Tapin selama menjabat 2018-2023.

Bupati dibantu tiga staf ahli bupati Tapin yang membidangi Keuangan dan SDM, bidang pemerintahan, hukum dan politik, bidang Kemasyarakatan dan SDM.

Kemudian Sekretariat Daerah Kabupaten Tanahlaut. Ini dipimpin Sekretaris Daerah dan dibantu Asisten Sekretaris Daerah Tapin, seperti Bidang Pemerintahan, bidang Administrasi Umum, bidang Ekonomi dan Pembangunan.

Di luar dari lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Tapin. Selebihnya adalah Organisasi Perangkat Daerah atau OPD. Itu seperti Sekretariat Dewan, Inspektur Kabupaten Tapin dan sejumlah badan dan dinas.

Badan itu diantaranya Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Tapin, Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Daerah Kabupaten Tapin, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Tapin, Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tapin, Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah.

Kemudian sejumlah dinas seperti Dinas Perindustrian, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perdagangan, Dinas Perikanan.

Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Pertanian, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Dinas Perhubungan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Tenaga Kerja, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Kebakaran. (Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved