PLN Kalselteng

Mobil Listrik Karya Anak Bangsa Sambangi Kalsel dan Kalteng

Blits dan Kasuari merupakan mobil listrik buatan lokal yang dikembangkan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Univ Budi Luhur Jakarta

Mobil Listrik Karya Anak Bangsa Sambangi Kalsel dan Kalteng
pt pln kalselteng
Mobil listrik Kasuari tiba di Provinsi Kalimantan Tengah, Jumat (15/2/2019) dini hari. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Mengusung misi jelajah Indonesia, Mobil Listrik karya anak bangsa yang diberi nama Blits dan Kasuari akhirnya tiba di Provinsi Kalimantan Tengah, Jumat (15/2/2019) dini hari.

Blits dan Kasuari merupakan mobil listrik buatan lokal yang dikembangkan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Budi Luhur Jakarta.

Sebagai upaya uji cobanya ketahanannya, Crew Blits bekerja sama dengan PT PLN (Persero) melalui Program Blits Explore Indonesia melakukan penjelajahan keliling Indonesia sejauh 15.000 Kilometer (Km).

Blits dan Kasuari sudah melakukan perjalanan hampir separuh Indonesia, yang dimulai dari Surabaya, Solo, Jogja, Semarang, Jakarta, Lampung, Bengkulu, Palembang, Jambi, Padang, Pekanbaru, Medan, Aceh dan Sabang.

Sebelum melanjutkan perjalanan menuju Pulau Kalimantan, Blits mengalami anomali mesin yang mengakibatkan Blits tidak dapat meneruskan penjelajahannya menuju Kalimantan.

Mobil listrik Kasuari harus melanjutkan perjalanan jelajah Indonesia tanpa Blits. Total perjalanan yang sudah ditempuh Kasuari saat ini mencapai 5.900 Km.

Manager Komunikasi PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, Muhammad Yusfiansyah mengatakan, PLN sangat mendukung semua produk yang menggunakan sumber Energi Baru Terbarukan (EBT), termasuk Mobil dan Motor Listrik.

“Sebagai bentuk dukungan PLN, kami sudah menyiapkan titik Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) di kabupaten dan kota yang akan menjadi tempat singgah Blits dan Kasuari untuk mengisi energi”, ujarnya.

Yusfiansyah menambahkan adapun rute yang akan dilalui Kasuari dari Kalimantan Tengah menuju Kalimantan Selatan meliputi Nanga Bulik, Pangkalan Bun, Sampit, Kasongan, Palangka Raya, Kuala Kapuas dan Banjarmasin.

“Untuk ketersediaan pengisian energi Kasuari dalam menyelesaikan misinya menjelajah Indonesia tidak akan menemui masalah. Bagaimana pun caranya akan kami fasilitasi”, katanya. (banjarmasinpost.co.id/sofyar redhani)

Penulis: Sofyar Redhani
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved