Berita Tabalong

Dinas Ketahanan Pangan Tabalong Beri Dana Rp 50 Juta Dua Desa Ini untuk Manfaatkan Pekarangan

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tabalong kembali menjalankan program Kawasan Rumah Pangan Lestasi (KRPL) dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

Dinas Ketahanan Pangan Tabalong Beri Dana Rp 50 Juta Dua Desa Ini untuk Manfaatkan Pekarangan
Diskominfo
Suasana penilaian toga di pekarangan rumah warga di Desa Tanta 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tabalong kembali menjalankan program Kawasan Rumah Pangan Lestasi (KRPL) dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Faridah mengatakan saat ini ada dua desa yang tengah dilakukan pengembangan program KRPL yaitu Desa Kasiau Raya dan Desa Garunggung di Kecamatan Tanjung.

Faridah mengatakan pihaknya terus memberikan sosialisasi bimbingan kepada seluruh warga untuk menerapkan pemanfaatan pekarangan. Selain memperindah dengan tanaman bunga, pekarangan juga bisa dimanfaatkan untuk tanam yang bisa nermanfaat langsung seperti menanam sayuran atau tanaman obat.

Untuk meningkatkan program tersebet Kabupaten Tabalong mendapatkan anggaran Rp 50 juta tiap desa yaitu Desa Kasiau Raya dan Desa Garunggung.

Baca: Disetubuhi Tapi Tak Kunjung Dinikahi, Gadis di Bawah Umur Laporkan Kekasihnya ke Polres HSS

Baca: Pendaratan Pesawat Maskapai Citilink Rute Banjarmasin Dialihkan Karena Cuaca Buruk, Cek Jadwalnya

Dua desa ini terpilih setelah dinilai memiliki potensi besar sebagai contoh bagi desa lain untuk pemanfaatan pekarangan. Bantuan dana yang diberikan Rp 20 juta untuk kebun bibit, Rp 21 juta untuk pekarangan anggota dan Rp 9 juta untuk demplot.

"Dalam penerapannya nanti akan kami berikan bimbingan dan pengawasan langsung," ujarnya.

Tanaman yang paling disarankan seperti cabai, terong atau sayuran lainnya. Sehingga bisa membantu mengurangi pengeluaran keluarga dengan memanen hasil di pekarangan rumah.

Tahun ino Dinas Ketahanan Pangan rencananya juga akan mendirikan gudang cadangan daerah, pembangunan gudang ini diharapkan dapat menyimpan bahan pangan berupa gabah.

Meskipun Kabupaten Tabalong selalu surplus produksi pangan namun untuk meratakan ketersediaan pangan atau mengendalihan harga bisa dilakukan dengan adanya cadangan pangan. (Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurnia Wati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved