KalselPedia

KalselPedia - Inilah Biddokkes Polda Kalsel, Tugas Kepolisian dan Tugas Kemanusiaan Bidang Kesehatan

Biddokkes Polda Kalsel adalah Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Kalimantan Selatan yang bertanggung jawab kepada Kapolda Kalsel

KalselPedia - Inilah Biddokkes Polda Kalsel, Tugas Kepolisian dan Tugas Kemanusiaan Bidang Kesehatan
Biddokes Polda Kalsel
Anggota Biddokkes Polda Kalsel di depan kantornya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Biddokkes Polda Kalsel adalah Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Kalimantan Selatan yang bertanggung jawab kepada Kapolda Kalsel dan dalam pelaksanaan tugas sehari hari di bawah kendali Wakapolda Kalsel yang merupakan Satker berada diantara bidang lain dari Polda Kalsel.

Biddokkes menempati ruangan paling utara dari Polda Kalsel dengan Alamat Jalan S Parman No 16 atau Jl DI .Panjaitan. Telp 3325251

Biddokkes terdiri dari personil Polisi dan ASN yang mempunyai kompetensi keahlian di bidang Kesehatan yaitu medis dan paramedis, ( perawat, analis , apoteker, bidan,) dan kompetensi pendukung lainnya sejumlah 69 orang dengan rincian 7 orang pamen, 11 pama, 39 bintara , dan ASN 12 orang, untuk melaksanakan tugas Kepolisian di bidang tugas umum dan tugas bidang kesehatan.

Biddokkes memiliki sarana prasarana berupa ambulan 5 buah ,dengan poliklinik 17 unit di Mapolda dan polres jajaran,
1 buah RS Bhayangkara Banjarmasin (Berdasarkan Peraturan Kepolisian Negara RI No 14 tahun 2018 tanggal 19 Oktober Tentang Susunan organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Daerah).

Baca: KalselPedia - Tanjung Expo Center, Letaknya di Tengah Kota Jadi Tempat Warga Bersantai

Baca: KalselPedia : Profil Masjid Jami Banjarmasin, Masjid Tua yang Bangunannya Didominasi Kayu Ulin

Baca: KalselPedia : Sekolah Luar Biasa (SLB) A Negeri 3 Martapura, Pencetak Disabilitas Banua Berprestasi

Biddokkes memiliki Beberapa Subbid:
- Subbid Kespol atau Sub bidang kesehatan kepolisian yang membawahi 3 urusan : Urusan Materi Fasilitas Kesehatan (urusan matfaskes), urusan Pelayanan Kesehatan (Ur yankes), Urusan Kesehatan kesamaptaan (Ur Kesmapta).

- Subbid Dokpol atau sub bidang Kedokteran Kepolisian membawahi 3 urusan : Urusan Kedokteran Forensik (ur Doksik), Urusan Kesehatan keamanan ketertiban masyarakat (ur Keskamtibmas), Urusan Disaster Victim Identification ( ur DVI).

Biddokkes memiliki Subbagrenmin dibantu oleh (Urmintu) urusan administrasi dan tata usaha, (urkeu) urusan Keuangan, (ur ren) urusan Perencanaan.

Biddokkes melaksanakan tugas tugas di bidang operasional seperti tugas ops kesehatan lapangan, secara nasional dibidang bencana alam seperti Gempa di Lombok, Gempa dan tsunami di Palu, pengobatan massal, sunatan massal, operasi DVI, satgan bantuan operasional kepolisian lainnya.

Kegiatan pro justia back up penyelidikan penyidikan pelaks Otopsi , gali kubur, Rik DNA , olah TKP asfek medis ,Rekonsilasiasi dan medikolegal, pemeriksaan kesehatan tahanan, pembinaan penyuluhan kesehatan (lahgun narkoba, obat berbahaya, forensik kenakalan remaja dll)

Tugas food safety atau kesehatan makanan, deteksi dini narkoba terhadap tersangka personel dan masyarakat, pelaksanaan kesehatan lapangan event nasional, lokal dan internal.

Tugas tugas dibidang pembinaan sepertit pembinaan dan seleksi kesehatan personil yang melanjutkan pendidikan dan pengembangan,
Pelayanan kesehatan personel polri. Pelaksanaan pendistribusian Matfaskes.

Biddokkes Saat Ini Dipimpin oleh Kombes Pol dr.H.Erwinn ZH,MARS, MH Kes, adalah alumni FK Air Langga 97, dan Meraih Magister MARS (magister administrasi RS) di Pasca Sarjana UI Jakarta 2009, dan magister hukum kesehatan di pasca sarjana Unika Soegijapranata Semarang 2012, dan Diklatpim II 2015.

(banjarmasinpost.co.id/irfani)


Penulis: Irfani Rahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved