Kalsel Bergerak

Paman Birin Contohkan Kepada Warga untuk Bayar Pajak Tahunan

Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) agar bisa memberikan contoh yang baik kepada masyarakat dalam hal membayar pajak.

Paman Birin Contohkan Kepada Warga untuk Bayar Pajak Tahunan
Dok Humpro Kalsel untuk BPost Group
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor isi SPT Tahunan, Kamis (21/2/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menghimbau kepada Sekertariat Daerah, Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) agar bisa memberikan contoh yang baik kepada masyarakat dalam hal membayar pajak.

Pria yang akrab disapa Paman Birin ini meyakini kesadaran membayar pajak yang ditunjukan pemerintah akan diikuti oleh masyarakat.

"Pajak yang dibayarkan menurutnya akan kembali lagi ke masyarakat salah satunya dalam bentuk pembangunan fisik yang dapat dirasakan masyarakat luas," kata Sahbirin Noor di sela pengisian

Sementara, Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalselteng menargetkan penerimaan pajak pada tahun ini mencapai Rp 15, 8 Triliun.

Angka tersebut lebih tinggi dari target 2018 yang mencapai Rp 14, 6 Triliun dengan capaian sebesar Rp 13,7 Triliun atau Rp 89, 1 persen dari target yang ditetapkan.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor isi SPT Tahunan dan lakukan foto bersama, Kamis (21/2/2019)
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor isi SPT Tahunan dan lakukan foto bersama, Kamis (21/2/2019) (Dok Humpro Kalsel untuk BPost Group)

Usai penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak penghasilan pribadi Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor untuk tahun 2018 di rumah dinas gubernur, Kakanwil DJP Kalselteng, Cucu Supriatna menjelaskan rata-rata capaian penerimaan pajak meningkat 10 persen setiap tahun.

Di mana pada tahun 2017 lalu, penerimaan pajak berhasil menyentuh angka 79 persen dari target yang ditetapkan.

Dengan melihat fakta tersebut pihaknya optimis target penerimaan pajak akan tercapai di akhir tahun.

Terdapat beberapa strategi untuk meningkatkan penerimaan pajak dan tax ratio di, antaranya dengan memperbaiki administrasi data dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk menciptakan sistem yang terintegrasi dan meningkatkan kuantitas dan kualitas petugas pajak.

Ia berharap, penyampaian SPT Gubernur ini bisa diikuti oleh pejabat dan ASN di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan serta seluruh lapisan masyarakat yang sudah mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). (AOL/*)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved