Berita Banjar

Tuntaskan Sengketa Perbatasan, Banjar-Tala Segera Telusuri Pilar Batas di Desa Ini

Tuntaskan Sengketa Perbatasan, Banjar-Tala Segera Telusuri Pilar Batas di Desa Ini

Tuntaskan Sengketa Perbatasan, Banjar-Tala Segera Telusuri Pilar Batas di Desa Ini
banjarmasin post group/ idda royani
Pengendara melintasi jalan poros di Kampung Sungaitabuk, beberapa pekan lalu. Wilayah inilah yang hingga kini masih disengketakan antara Pemkab Banjar dan Tala. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Hingga kini sengkarut sengketa tapal batas wilayah antara Kabupaten Banjar dan Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan, tak kunjung tuntas. Namun dua pemimpin baru di dua kabupaten bertetangga ini telah berkomitmen mempercepat penyelesaian konflik administratif tersebut.

"Mengenai penyelesaian batas antara Banjar-Tala, saat ini masih pada tahap pengumpulan data. Di antaranya data tentang peta desa, kepemilikan tanah, perizinan yang diberikan pemerintah," ucap Kasubag Otonomi Daerah, Kerjasama, dan Batas, Bagian Pemerintahan, Pemkab Banjar, M Hafizh, Kamis (21/02/2019).

Data administratif yang ia maksudkan tersebut yakni yang berada di wilayah Desa Kiram, Kecamatan Karangintan. Pasalnya, di wilayah inilah jumlah titik sengketa terbanyak yang sejak belasan tahun silam menjadi benang kusut.

Khusus di wilayah Kiram tersebut, tercatat sebanyaj 11 titik tapal batas yang disengketakan. Dari jumlah ini, baru satu titik yang telah tertuntaskan atau disepakati yakni di titik simpang Banjar-Tala-Banjarbaru.

Baca: Permintaan Maaf Ani Yudhoyono pada SBY karena Sakit Kanker Darah Diungkap AHY

"Sembari menyiapkan kelengkapan berkas-berkas atau data administratif tersebut, kami juga menunggu fasilitasi dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan," tandas Hafizh

Lebih lanjut pejabat eselon IV di Bumi Barakat ini menerangkan untuk titik sengketa di wilayah Tambakpadi di Kecamatan Beruntung akan dilaksanakan penelusuran lapangan. Termasuk yang berada di wilayah Kecamatan Aluhaluh.

"Kegiatan ini akan dilakukan bersama-sama antara Tim Penegasan Batas Daerah (PBD) Provinsi Kalsel, Tim PBD Kabupaten Banjar, dan Tim PBD Kabupaten Tanahlaut. Ini karena di wilayah tersebut telah terpasang pilar batas," sebut Hafizh.

Sedangkan untuk sengketa tapal batas antara Kabupaten Banjar dengan Kota Banjarbaru, jelasnya, telah dilaksanakan penelusuran lapangan secara bersama-sama. Kegiatan ini telah selesai untuk titik dan tarikan batas.

Baca: Hasil Persija Jakarta vs PS Tira Persikabo di Piala Indonesia 2018, Skor 1-0 untuk Sementara

"Hanya sedikit wilayah yang perlu dirundingkan kembali dan data sudah disampaikan kepada Tim PBD Pemerintah Provinsi Kalsel untuk difasilitasi," tandas Hafizh.

Sementara itu beberapa waktu lalu Bupati Tala H Sukamta menegaskan pemerintahannya sangat serius ingin menuntaskan sengketa tapal batas dengan Kabupaten Banjar. Ditargetkan persoalan itu akan terselesaikan pada tahun ini juga.

Halaman
12
Penulis: Idda Royani
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved