Berita Banjarmasin

Badan Kesbangpol Kalsel Gelar Sosialisasi Terhadap Pemilih Pemilu 2019 Penyandang Disabilitas

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) gelar sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu) terhadap penyandang

Badan Kesbangpol Kalsel Gelar Sosialisasi Terhadap Pemilih Pemilu 2019 Penyandang Disabilitas
banjarmasinpost.co.id/acm
Sosialisasi Terhadap Pemilih Pemilu 2019 Penyandang Disabilitas 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) gelar sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu) terhadap penyandang disabilitas, Senin (25/2/2019).

Berlokasi di Hotel Rodhita Banjarmasin, ada lebih dari 60 peserta penyandang disabilitas yang mengikuti sosialisasi Pemilu 2019.

60 peserta sosialisasi penyandang disabilitas berasal dari berbagai Kabupaten/Kota di Provinsi Kalsel.

Dasar hukum, aturan, tata cara, teknis pencoblosan Pemilu hingga pentingnya menyalurkan hak suara menjadi topik yang disampaikan dalam sosialisasi ini.

Baca: Aktor ini Benci Karakter yang Diperankan di Film Dilan 1991, Begini Cerita Dilan Versi Film & Novel

Baca: Daftar Pemenang Piala Oscar Academy Awards 2019, Black Panther dan Bhohemian Rhapsody Berjaya!

Baca: Perlakuan Anak Denada, Shakira Aurum ke Hadiah Jokowi yang Juga Kunjungi Istri SBY, Ani Yudhoyono

Baca: Foto Kondisi Terkini Istri SBY, Ani Yudhoyono yang Melawan Kanker Darah Dibagikan AHY

Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalsel, Adi Santoso menjelaskan, sosialisasi ini merupakan bentuk dari tanggung jawab Pemerintah untuk memastikan pemenuhan hak-hak politik para penyandang disabilitas.

Hal ini menurutnya juga salah satu program Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) yang diterjemahkan menjadi Rencana Aksi Daerah Hak Asasi Manusia.

"Kaum penyandang disabilitas di Kalsel ada 15 ribu lebih dan yang tercatat sebagai Pemilih di Pemilu 2019 ada 9.838 orang," kata Adi.

Cukup besarnya jumlah Pemilih penyandang disabilitas di Kalsel menurutnya harus menjadi perhatian semua stakeholder untuk memastikan terpenuhinya hak-hak penyandang disabilitas termasuk hak politik.

Tak sendiri, sosialisasi kali ini Badan Kesbangpol Provinsi Kalsel juga hadirkan Ketua KPU Provinsi Kalsel de facto, Sarmuji dan Dosen Prodi Ilmu Pemerintahan Universitas Lambung Mangkurat, Dr Mahyuni sebagai narasumber.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved