Aura Buah Eksotik Banua

Buah Tumpang Susu Paling Lezat di Dunia, Bentuknya Pun Unik Dari Pedalaman Halong Balangan

Banyak buah-buahan eksotik yang berdaya pikat tinggi di daerah ini seperti yang berada di Kabupaten Balangan dan Banjar.

Buah Tumpang Susu Paling Lezat di Dunia, Bentuknya Pun Unik Dari Pedalaman Halong Balangan
banjarmasinpost.co.id/idda royani
Hatrianto memperlihatkan buah Tumpang Susu 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - ALAM di wilayah garis katulistiwa memiliki keistimewaan tersendiri. Tanahnya subur dan beragam vegetasi tumbuh subur, termasuk di Kalimantan Selatan. Banyak buah-buahan eksotik yang berdaya pikat tinggi di daerah ini seperti yang berada di Kabupaten Balangan dan Banjar.

Di Bumi Sanggam misalnya, sedikitnya memiliki 60-an buah-buahan eksotik di antaranya yaitu Asam Puter, Tumpang Susu, Mantawa, Pitukun, Babuku, Ringkit, Traku, Tarusung, Dandali, Kambayau, Landur, Manja, Maharawing, Lahong. Lalu, buah Salak Hutan, Mantaula Asli, Tumpak, Kulidang, Kusit, Salak Sung Sum, Limus, dan Tatau.

Buah-buahan yang umumnya langka tersebut tersimpan di hutan pedalaman di wilayah Desa Marajai, Kecamatan Halong (Balangan). Jaraknya lumayan jauh yakni 20 kilometer dari ibu kota Kecamatan Halong.

Masing-masing bisa disantap dan memiliki cita rasa yang khas. Namun ada satu yang tak bisa dimakan yakni buah tatau. Selebihnya bisa memuaskan hasrat kuliner terutama yang menyukai buah-buahan.

Buah Tumpang Susu, dari Pedalaman Kabupaten Balangan, Kalsel.
Buah Tumpang Susu, dari Pedalaman Kabupaten Balangan, Kalsel. (banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Baca: Tersimpan di Hutan Pedalaman, Buah Eksotik Banua, Bentuk dan Citarasanya Bikin Penasaran

Baca: NEWS VIDEO : Kontes Durian Dan Buah Eksotik Tingkat Kalsel

Baca: Kumpulkan Tanaman Buah Langka, Hanif Berkeliling Masuk Hutan di Enam Kabupaten di Kalsel

Bentuk atau tampilannya juga sangat menarik, benar-benar menggoda bola mata. Contohnya buah Salak Hutan yang warna kulitnya kemerahan dan bersih mulus. Lalu, buah Maharawin yang berbentuk seperti durian namun durinya lembek dan panjang.

Inilah buah Tumpang Susu
Inilah buah Tumpang Susu (banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Dari deretan buah langka tersebut, ada satu yang sangat nikmat yakni buah Tumpang Susu. "Bahkan menurut Eli Etnie, orang Hawai, Tumpang Susu adalah buah terlezat di dunia. Itu pendapat dia setelah keliling dunia memburu buah-buahan dari sejumlah negara," beber Adi Setiawan, kades Marajai.

Buah Tumpang Susu tersebut turut dipamerkan pada ajang Kontes Durian dan Pameran Buah Eksotik di Kiram Park di Desa Kiram, Kecamatan Karangintan, Kabupaten Banjar, beberapa pekan lalu. Bentuk buahnya kecil dan rapat antarbuahanya. Mengerucut bagian ujungnya mirip buah sawit. Warnanya hijau dan berubah kemerahan ketika masak.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved