Berita Banjarmasin

Jelang Pemilu 2018, Universitas Pertahanan dan ULM Banjarmasin Tandatangani MoU

Jelang Pemilu 2018, Universitas Pertahanan dan ULM Banjarmasin Tandatangani MoU

Jelang Pemilu 2018, Universitas Pertahanan dan ULM Banjarmasin Tandatangani MoU
Dok Humas ULM untuk BPost Group
Seminar bersama ULM dan UNHAN di Aula Rektorat ULM Banjarmasin, Selasa (26/2/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sebagai bentuk tindaklanjut dari hubungan baik antar Universitas Pertahanan (UNHAN) Sentul, Bogor dengan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, UNHAN dan ULM menggelar seminar bersama.

Disampaikan oleh Rektor UNHAN, Letjen TNI Dr Tri Legionosuko, kedatangan UNHAN ke ULM untuk menindaklanjuti penjajakan pada tahun sebelumnya yakni dalam rangka kerjasama.

Seminar Bela Negara bersama ULM tersebut bertema "Semangat Mensukseskan Pesta Demokrasi 2019 Guna Meningkatkan Jiwa Pertahanan dan Bela Negara”. Digelar di Aula Rektorat ULM, Jalan Brigjen Hasan Basri, Banjarmasin, Selasa (26/2/2019).

Tema yang dipilih sangat begitu berhubungan dengan Pemilu 2019 mendatang. Ia berharap pada pesta demokrasi ini bukan sebagai ajang pemecah kesatuan persatuan.

Baca: Hasil Persija Jakarta vs Becamex Binh Duong Piala AFC 2019 (AFC Cup 2019), Skor 0-0 untuk Sementara

Baca: Tangis Fenny Bauty Minta Irwansyah Tak Tinggalkan Zaskia Sungkar Karena Hal Ini

Baca: Maia Estianty Irwan Mussry di Hotel yang Sama dengan Syahrini, 4 Fakta Pernikahan Inces Reino Barack

"Mudahan kerjasama ini berlanjut," ucapnya.

Selain Kalsel dikatakan Letjen TNI Dr Tri Legionosuko, ada pula kegiatan serupa atau seminar dan kerjasama dengan perguruan tinggi lain, seperti Bali dan Sumatra.

Pada acara itu pula, baik Rektor UNHAN dan Rektor ULM bersama melakukan penandatangan MoU atau kerjasama dua perguruan tinggi tersebut. Khususnya pada bidang pendidikan.

Disampaikan oleh Rektor ULM, Prof Sutarto Hadi, rencana kerjasama sudah dimulai sejak satu tahun lalu. Pihak UNHAN pun sudah melakukan kunjungan ke ULM sekaligus sosialsiasi.

Peserta yang mengikuti seminar tersebut ujarnya merupakan mahasiswa S2 Bidang Strategi Pertahanan UNHAN. Selain seminar, para mahasiswa pun juga melakukan penelitian menyusun tugas akhir.

"Ada beberapa bidang yang rencananya akan digali disini, pertama berkaitan dengan strategi pertahanan, kemudian ekonomi dan bisnis, serta pertambangan dan hukum," ucap Prof Sutarto.

Baca: Nasib Pembangunan Jembatan Pulaulaut - Tanahbumbu Terganjal? Ini Penjelasan Pemkab Tanahbumbu

Selain itu ujarnya memang isu yang sedang hangat merupakan Pilplres 2019, yakni bagaimana menyikapi dari berbagai perspektif. Namun untuk kedatangan UNHAN dikatakan Prof Sutarto, murni untuk pengembangan ilmu. Narasumber pada seminar bersama itu pun juga ada dari ULM dan UNHAN.

"Saya kira apabila ingin mengembangkan mata kulian pertahanan dan bela negara mungkin bisa mengembangkan lebih lanjut. Bukan hanya UNHAN ke ULM, melainkan sebalinya," ucap Prof Sutarto.

(banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Rendy Nicko
Sumber: Idea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved