Berita Kabupaten Banjar

Sikapi PKL Pemurus Kertak Hanyar, Ini yang Akan Dilakukan Pemkab Banjar

Keluhan para pedagang Pasar Ahad, Kertakhanyar, langsung direspons Asisten I Bidang Pemerimtahan dan Kesra Pemkab Banjar H Zainuddin.

Sikapi PKL Pemurus Kertak Hanyar, Ini yang Akan Dilakukan Pemkab Banjar
banjarmasinpost.co.id/idda royani
Asisten I Pemkab Banjar H Zainuddin (tengah) seksama menyerap aspirasi dari perwakilan pedagang Pasar Kertak Hanyar, Rabu (27/2/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Keluhan para pedagang Pasar Ahad, Kertakhanyar, langsung direspons Asisten I Bidang Pemerimtahan dan Kesra Pemkab Banjar H Zainuddin, Rabu (27/2/2019).

Pejabat eselon II ini menegaskan persoalan PKL Pemurus di Kertakhanyar tersebut akan segera ia laporkan kepada Sekda dan Bupati Banjar.

"Pak Bupati dan Sekda saat ini masih dinas luar kota. Senin nanti pada acara rapat mingguan, masalah ini akan saya paparkan agar menjadi perhatian bersama," ucap Zainuddin.

Pada pertemuan dengan perwakilan pedagang Pasar Ahad di ruang kerja sekda, Rabu (27/02/2019) siang, Zainuddin mewakili sekda yang berhalangan hadir karena mendadak ada tugas dinas ke luar kota.

Ia mengatakan jika peliknya penertiban PKL Pemurus karena belum adanya regulasi yang menjadi pijakan, maka hal itu bakal segara dirumuskan solusinya.

Baca: NEWSVIDEO : Pedagang Pasar Ahad Kertakhanyar Ngeluruk ke Kantor Bupati Banjar Tuntut Ini

Baca: Camat Kertakhanyar Sebut Sulit Menindak PKL Pemurus, Ini Kendalanya

"Intinya keluhan yang disampaikan pedagang Pasar Ahad harus segera ditindaklanjuti. Insha Allah masalah ini bisa segera diselesaikan sebaik mungkin," tegasnya.

Ia mengatakan sesuai intruksi Presiden, tiap melakukan penertiban maka harus disertai solusi. Begitu halnya dengan PKL Pemurus, tidak bisa serta merta ditertibkan tanpa menyiapkan solusi bagi mereka setelah ditertibkan.

Direktur PD Pasar Bauntung Batuah Rusdiansyah mengatakan persoalan PKL tersebut telah cukup lama sejak Oktober 2018. "Solusi sudah kami siapkan sejak dulu yakni menyediakan los di lantai dua Pasar Ahad. Jumlahnya cukup menampung mereka semua, bahkan masih lebih," sebutnya.

Dulu, beber Rusdiansyah, PKL tersebut juga pernah menempati los di lantai duw Pasar Ahad. Namun tak lama berselang kembali berjualan di bahu jalan.

Baca: Petani dan Koperasi Karet Kotabaru Datangi Pabrik Karet PT BLL Menuntut Kenaikan Harga Karet

Baca: Mess L di Banjarbaru Akan Difungsikan Untuk Seni Budaya, Renovasi Belum 100 Persen Selesai

"Alasannya karena los di lantai dua Pasar Ahad tak representatif dan sepi. Padahal buktinya selama ini para pedagang Pasar Ahad yang sama-sama menempati los di lantai dua, tetap bisa eksis. Kesimpulannya karena mereka mau enaknya saja," tandas Rusdiansyah.

Ia pun mengharapkan pemerintah bisa segera bertindak cepat karena persoalan tersebut telah cukup lama berlarut-larut. Hingga kini pun los di lantai dua Pasar Ahad tetap siap untuk menampung para PKL tersebut.

(banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved