Mengenal Imis Bule yang Bukan Bule

Sering Antar Wisatawan Mancanegara Susur Sungai, Imis Bule Tidak Berniat Belajar Bahasa Asing

Memberikan pelayanan jasa mengantarkan turis mancanegara untuk susur sungai, tentunya dianggap harus mempunyai kemampuan bahasa asing

Sering Antar Wisatawan Mancanegara Susur Sungai, Imis Bule Tidak Berniat Belajar Bahasa Asing
instagram @imis.bule
Motoris kelotok, Imis Bule saat membawa turis asing. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN- Memberikan pelayanan jasa mengantarkan turis mancanegara untuk susur sungai, tentunya dianggap harus mempunyai kemampuan bahasa asing yang mumpuni. Namun hal itu tidak berlaku bagi motoris kelotok. Khususnya Misriani. Ia merupakan motoris kelotok yang aktif sejak tahun 1998.

Dari keterangan Imis Bule, ia sama sekali tidak bisa menggunakan bahasa inggris. Namun sedikit paham apa yang dibicarakan. Terlebih, sebagai motoris kelotok, lelaki ini seringkali hanya bertugas mengantar. Untuk menjalin komunikasi, ada pramuwisata, atau guide yang menginformasikan.

“Saya sama sekali tidak bisa bahasa inggris. Ada guide juga yang mendampingi mereka. Jadi untuk komunikasi mudah saja,” ucapnya.

Baca: Layani Turis Mancanegara, Imis Bule Pernah Dibayar Rp 15.000, Padahal ke Beberapa Lokasi

Baca: Sudah Ribuan Turis Asing Dibawanya Sejak 1998, Imis Bule: Turis Asing Suka Besar, Lokal yang Kecil

Baca: Bukan Keturunan Bule, Motoris Kelotok di Banjarmasin Dapat Gelar Paman Bule, Ternyata karena Ini

Ditambah lagi ucap Imis Bule, sama sekali tidak ada keinginan darinya untuk belajar bahasa inggris. Selain itu, meski tidak bisa bahasa asing, hal itu tidak menjadi kendala baginya.

Turis asing yang diantar oleh Imis rata-rata memiliki pramuwisata. Ia mengatakan, beberapa turis asing yang kerab ia antar dari Perancis, Belanda, Spanyol dan Jerman.

Sebagai pengantar, ia juga kadang merasa berterima kasih dengan para pramuwisata. Pasalnya tak jarang ia mendapatkan bayaran lebih atau tips untuk jasanya itu. Apalagi ketika turis mendapatkan kepuasan yang diinginkan.

(banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved