Berita Banjarmasin

Akademi ULM Sebut Pemilihan Kepala Dinas di Kalsel Sebagian Belum Berjalan Bagus

Hal ini disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bahwa sertifikasi keahlian penting guna memastikan kompetensi kepala dinas.

Akademi ULM Sebut Pemilihan Kepala Dinas di Kalsel Sebagian Belum Berjalan Bagus
nurkholis huda
Ilustrasi - Suasana pelantikan pejabat di Pemprov Kalsel, Rabu (4/1/2017). 

BANJARAMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemerintah sedang mengkaji sertifikasi kepala dinas. Hal ini disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bahwa sertifikasi keahlian penting guna memastikan kompetensi kepala dinas.

Jadi nantinya untuk jadi kepala dinas di daerah harus punya sertifikat. JK mengatakan itu di kantor Lembaga Administrasi Negara (LAN), Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2019).

Akademisi dan peneliti pusat kajian anti korupsi dan governance Universitas Lambung Mangkurat ( ULM) M Erfa Redhani mengatakan dari pengamatan dia sebagian model pemilihan kepala dinas di Kalsel sudah bagus dengan adanya lelang jabatan.

"Tapi sebagian juga masih belum," katanya kepada reporter banjarmasinpost.co.id, Rabu (6/3/2019).

Baca: Respon para Pejabat Daerah Menanggapi Sertifikat Kepala Dinas

Yang jelas Erfa sependapat jika kepala dinas itu dipilih juga mempertimbangkan keahliannya. Erfa mengatakan jangan sampai menunjuk kepala dinas dengan unsur like and dislike.

"Jangan cuma unsur like and dislike atau karena kedekatan kekeluargaan. Memang jabatan kepala dinas itu ditunjuk (appointed), bukan dipilih secara langsung (elected). Nah, hendaknya kepala daerah yang menunjuk itu harus mengendapankan keahliannya, profesionalisme. karena dia ditunjuk maka peran yang menunjuk pun juga besar dalam menentukan," kata Erfa.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved