Haul Guru Sekumpul

Haul Guru Sekumpul, Pesawat Jakarta dan Surabaya Tujuan Banjarmasin Meningkat, Harga Tiket Rp 2 Juta

Sejumlah penerbangan tujuan Banjarmasin mengalami peningkatan. Sebagian besar rute tersebut berasal dari jamaah yang bertolak dari Jakarta & Surabaya

Haul Guru Sekumpul, Pesawat Jakarta dan Surabaya Tujuan Banjarmasin Meningkat, Harga Tiket Rp 2 Juta
Garuda Indonesia
Pesawat Boeing 737 MAX 8 telah dioperasionalkan oleh Garuda Indonesia, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (7/1/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Selain okupansi hunian di perhotelan yang alami peningkatan, juga berbanding lurus dengan penjualan tiket penerbangan yang juga meningkat beberapa hari jelang Haul Guru Sekumpul di Martapura.

Sejumlah penerbangan tujuan Banjarmasin mengalami peningkatan. Sebagian besar rute tersebut berasal dari jamaah yang bertolak dari Jakarta dan Surabaya.

"Untuk wilayah timur transitnya di Surabaya, sedangkan wilayah Sumatera transit di Jakarta, diperkirakan banyak juga jamaah yang berasal dari wilayah-wilayah Sumatera dan Sulawesi yang melewati rute penerbangan tersebut," jelas Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Kalsel, Siti Aisyah kepada Banjarmasinpost.co.id.

Aisyah menambahkan, untuk jamaah wilayah Balikpapan, Samarinda, dan Makassar bisa langsung melakukan penerbangan menuju Banjarmasin.

Diungkapkannya, harga tiket juga terus naik. Tiket maskapai Garuda Indonesia sekitar Rp 2 juta, dan maskapai Lion Air menembus Rp 1 juta.

Baca: Haul Guru Sekumpul, Penginapan di Banjarbaru-Martapura Alami Peningkatan Hingga 40 Persen

Baca: Perpanjang SIM, Ditlantas Siapkan 10 Unit Mobil SIM Keliling Layani Jemaah Haul Guru Sekumpul

Baca: SEDANG BERLANGSUNG! Live Streaming Indosiar Borneo FC vs PSS Sleman Grup D Piala Presiden 2019

Baca: Aisyahrini: Suasana Akad Nikah Syahrini dan Reino Barack Penuh Tangis Haru, Semoga Malaikat Turun

"Kalau untuk jalur darat, dari Palangkaraya, Kapuas, dan Banjarmasin sebagian besar mereka menggunakan transportasi pribadi, jadi terbilang sangat sedikit yang menggunakan jasa travel," sebut dia.

Selain itu, jamaah yang cukup dekat misalnya dari Banjarmasin dapat menggunakan transportasi online, agar tidak harus memusingkan parkir mobil.

Menyoal oleh-oleh, Aisyah mengatakan, terkendala bagasi berbayar bagi jamaah yang dari luar pulau yang menggunakan pesawat terbang. Terlebih wisata religi di momen haul ini sebagian besar jamaah ingin fokus mengikuti haul.

"Untuk oleh-oleh mungkin terbatas untuk bagasi, penumpang dapat memanfaatkan kabin 7 kilogram. Namun karena haul ini bertempat di Martapura, kebanyakan jamaah berkunjung ke tpko intan dan batu-batu," pungkasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved