Haul Guru Sekumpul

Ratusan Calhaj dari Tabalong Ingin Hadiri Haul Guru Sekumpul 2019, Pelayanan Paspor Pun Dipercepat

Ratusan Calhaj dari Tabalong Ingin Hadiri Haul Guru Sekumpul 2019, Pelayanan Paspor Pun Dipercepat

Ratusan Calhaj dari Tabalong Ingin Hadiri Haul Guru Sekumpul 2019, Pelayanan Paspor Pun Dipercepat
Dok Imigrasi Banjarmasin untuk BPost Group
Kepala kantor Imigrasi Syahrifullah cek berkas di ulp barabai, Jumat (8/3/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Ratusan Calhaj dari Tabalong Ingin Hadiri Haul Guru Sekumpul 2019, Pelayanan Paspor Pun Dipercepat

Ratusan calon haji ( Calhaj )di Tabalong begitu berkeinginan hadiri Haul Guru Sekumpul Ke-14 atau KH Zaini Abdul Ghani atau dikenal Abah Guru Sekumpul.

Namun keinginan para calon haji (Calhaj) untuk hadiri Haul Guru Sekumpul 2019 terbentur jadwal pengurusan paspor haji di Unit Layanan Paspor (ULP) Barabai pada akhir pekan ini.

Untuk memfasilitasi keinginan ratusan calon jemaah haji yang akan hadiri Haul Guru Sekumpul itu oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin langsung geser waktu pelayanan khusus paspor haji menjadi tidak pada akhir pekan seperti biasanya pelayanan digeser lebih cepat sehingga tidak bentrok dengan agenda Haul.

Pelayanan lancar bahkan tuntas, ratusan jemaah pun bisa dengan tenang nanti hadiri puncak Haul Guru Sekumpul. Hal ini dibenarkan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin Syahrifullah.

Baca: Jadwal Debat Ketiga Pilpres 2019, Persiapan Cawapres KH Maruf Amin dan Sandiaga Uno, Live RCTI

Syahrifullah bahkan langsung hadir ke lokasi dan langsung komando pelayanan paspor tersebut mulai dari proses verifikasi keabsahan/keaslian berkas, pengambilan biometric, foto dan sidik jari.

"Jadi biasanya pelayanan pada Sabtu, tapi kami geser lebih cepat ke hari Kamis saat tanggal merah hari raya Nyepi. Karena para calon jemaah haji mengikuti kegiatan haul, agar mereka bisa dengan tenang ikuti haul dan urusan paspor tuntas. Saya juga minta maaf pelayanan pada hari Kamis bukannya tidak menghormati Hari raya tapi demi memfasilitasi kepentingan jemaah hadiri Haul. Saya langsung monitor dan paspor telah tuntas," ucap Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin Syahrifullah kepada reporter banjarmasinpost.co.id, Jumat (8/3/2019).

Pada pelayanan Kamis tadi, langsung tuntas sebanyak 150 paspor calon jemaah haji asal Tabalong. Artinya, pelayanan paspor di Banua Anam melalui ULP Barabai seluruhnya telah tuntas. Paspor calon jemaah haji untuk Balangan, Kandangan, Tapin, Tabalong sudah selesai.

Pelayanan ini adalah dalam rangka menuntaskan sisa permohonan paspor calon jemaah haji asal dimana Kabupaten Tabalong yang merupakan Kabupaten terakhir untuk diselesaikan permohonannya.

Baca: Rina Nose Blak-blakan Soal Penyebabnya Lepas Hijab ke Nia Ramadhani dan Jessica Iskandar

Dengan penuntasan pelayanan ini, permohonan paspor bagi calon jemaah haji sudah dapat dituntaskan oleh Kanim Banjarmasin.

Selanjutnya paspor calon jemaah haji ini akan diambil dari Kanim oleh petugas Kemenag Kabupaten/Kota untuk dikumpulkan oleh Kanwil Kemenag Provinsi guna pengurusan selanjutnya yaitu permohonan visa dan pengaturan Kelompok Terbang (Kloter). Jadwal Kloter Pertama pemberangkatan calon jemaah haji pada tanggal 7 Juli 2019.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved