KalselPedia

KalselPedia - Masjid Al Muhtadin Polda Kalsel, Kapasitasnya Sekitar 500 Jamaah

Berada di lingkungan Polda Kalsel di Jalan S Parman No 16 Banjarmasin. Masjid berkapasitas sekitar 500 jamaah ini selalu ramai kala waktu salat tiba.

KalselPedia - Masjid Al Muhtadin Polda Kalsel, Kapasitasnya Sekitar 500 Jamaah
Banjarmasinpost.co.id/irfani rahman
Masjid Al Muhtadin Polda Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Berada di lingkungan Polda Kalsel di Jalan S Parman No 16 Banjarmasin. Masjid berkapasitas sekitar 500 jamaah ini selalu ramai kala waktu salat tiba.

Tak hanya anggota Polda Kalsel namun juga masyarakat serta ASN yang berada di dekat Polda memanfaatkan masjid ini untuk beribadah.

Layaknya masjid-masjid lainnya di samping kanan dan kiri masjid ini tersedia tempat berwudhu dan kala memasuki masjid suasana sejuk dan damai pun terasa.

Ini tak lepas dari adanya beberapa air conditional (AC) serta kipas angin di beberapa sudut.

Masjid cukup megah Al Muhtadin ini sebelumnya adalah sebuah musalla yang biasa untuk anggota menunaikan salat . Namanya waktu adalah Mustain yang arrtinya tempat orang-orang memohon.

Baca: KalselPedia: Rumah Dinas Bupati dan Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah

Baca: KalselPedia- Pasar Sepeda Kandangan, Wadah Jual Beli Sepeda Zadul dan Terbaru di Hulu Sungai Selatan

Baca: KalselPedia: Tempat Pembuangan Sampah Akhir Surya Kencana, Kabupaten Banjar

Kemudian saat Kapolda dijabat Kolonel H Sanimbar pada 7 Agustus 1998 dari musalla ini berubah menjadi Masjid Al Muhtadin yang artinya tempat orang-orang yang dapat petunjuk.

Saat ini masjid ini terbuka dan digunakan ibadah untuk masyarakat umum juga.

Sejak berubah menjadi masjid, masjid ini sendiri mengalami beberapa kali rehab hingga saat ini dan saat Kapolda dijabat Brigjen Machfud Arifin rehab cukup besar dilakukan pada masjid ini.

Ini mengingat jumlah jamaah semakin banyak, Dimana masjid ini dilebarkan dimana bagian belakang yang dulu taman dijadikan tempat salat juga. Kemudian di ruang induk masjid juga ditambah kan lebarnya dua meter ke kiri dan dua meter ke kanan,

Bagi jamaah yang haus dan ingin minum air putih, pihak panitia masjid pun menyiapkan air mineral gelas gratis yang ada di kulkas yang berada. dibelakang dan samping masjid.

Masjid Al Muhtadin pun selalu melakukan kegiatan keagamaan rutin dimana kerap mendatangkan ustad secara bergantian.

Selain tausiyah rutin dan kegiatan bimbingan rohani kepada anggota, masjid ini juga rutin melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan seperti acara Maulid Nabi, salat Idul Fitri, acara kurban dan lainnya.

(banjarmasinpost.co.id/irfani)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved