Berita Banjarmasin

Kalsel Kedatangan Tamu dari Dua Negara Baltik, Begini Harapan Pemerintah Kalsel

Duta Besar Luar Biasa Republik Indonesia (RI) untuk Finlandia dan Estonia, Wiwiek S Firman kunjungi Banjarmasin, Kalsel, Selasa (12/3/2019).

Kalsel Kedatangan Tamu dari Dua Negara Baltik, Begini Harapan Pemerintah Kalsel
banjarmasinpost.co.id/ achmad maudhody
Suasana Welcome Dinner Sambutan Pemprov Kalsel terhadap Tamu Asal Finlandia dan Estonia di Banjarmasin, Selasa (12/3/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Duta Besar Luar Biasa Republik Indonesia (RI) untuk Finlandia dan Estonia, Wiwiek S Firman kunjungi Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Selasa (12/3/2019).

Namun spesialnya, tak hanya sendiri, Wiwiek juga ajak serta para koleganya dari Finlandia dan Estonia ke Kota Seribu Sungai.

Mereka merupakan para awak media, operator dan asosiasi pariwisata di Finlandia dan Estonia disambut dengan Welcome Dinner Pemerintah Provinsi Kalsel diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, H Abdul Haris.

Sambil menyantap hidangan khas Banua termasuk Soto Banjar, para tamu asal negara baltik ini pun disuguhi penampilan tarian dengan I ringan musik tradisional khas Kalimantan.

Baca: Penyambutan Rombongan Kedubes Finlandia dan Estonia Siap 100 Persen, Ini Kata Kadispariwisata Kalsel

Wiwiek menjelaskan, kedatangan mereka ke Kalsel merupakan tindak lanjut dari antusiasme masyarakat di Finlandia dan Estonia terhadap seni, kebudayaan dan alam Kalsel yang sempat dipamerkan di negara tersebut.

"Antusiasme masyarakat di sana sangat besar terhadap Kalsel Tim Kebudayaan Kalsel ikuti Matka Nordic Travel Fair, jadi ini tindak lanjutnya," kata Wiwiek.

Tak hanya terpesona pada kebudayaan Kalsel, wisata alam di Kalsel yang miliki spesies endemik yaitu Bekantan menarik perhatian besar pada ajang tersebut.

Bahkan menurut Wiwiek, maskot Kalsel yaitu Bekantan yang ditampilkan pada ajang tersebut sabet juara tiga dari total 85 negara peserta pada Matka Nordic Travel Fair.

Dengan kedatangan para jurnalis baik koran, radio dan televisi hingga operator dan asosiasi pariwisata, Wiwiek berharap bisa lebih menggaungkan kearifan lokal di Kalsel dan tarik minat wisatawan ke Kalsel.

"Kita tau dengan peran media akan sangat besar pengaruhnya nanti karena akan bisa dilihat jutaan orang," kata Wiwiek.

Baca: Tiket Garuda Hanya Dijual di Agen Besar Jakarta, Agent Tour di Banjarmasin Akui Keberatan

Abdul Haris optimis dengan memberikan sambutan yang baik dan hangat terhadap para tamu asal negara baltik dapat berpengaruh positif atas persepsi mereka terhadap Kalsel.

Selain dijamu makan malam, para tamu asal Finlandia dan Estonia direncanakan masih akan berada di Kalsel beberapa hari untuk menikmati berbagai wisata termasuk juga wisata kuliner yang ada di Banua.

"Dengan menyaksikan informasi sebanyak-banyaknya kami harap bisa disampaikan ke masyarakat di sana," terangnya.

Tak hanya soal potensi wisatawan dari kedua negara tersebut, Abdul Haris juga berharap nantinya akan ada kerjasama business to business yang terjamin antar pelaku usaha di Kalsel dengan Finlandia dan Estonia. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved