Berita Kotabaru

Runway Bandara Kotabaru Akan Diperpanjang Memotong Jalan Provinsi

Proses pengusulan penambahan runway atau lintasan pesawat di Bandara Gusti Sjamsir Alam Kotabaru terus dikomunikasikan.

Runway Bandara Kotabaru Akan Diperpanjang Memotong Jalan Provinsi
banjarmasinpost.co.id/man hidayat
Kepala Bandara Gusti Sjamsir Alam Kotabaru, Ferdinan Nurdin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Proses pengusulan penambahan runway atau lintasan pesawat di Bandara Gusti Sjamsir Alam Kotabaru terus dikomunikasikan.

Tujuannya tidak lain adalah untuk mengembangkan wilayah Kabupaten Kotabaru. Terutama potensi wisata dan Sumber Daya Alamnya yang ada diwilayah Kabupaten Kotabaru ini.

Pihak bandara dan Pemerintah Kotabaru pun menargetkan pesawat boing 737 800, panjang runway harus panjang. Sementara saat ini, panjang lintasan yang ada masih sepanjang 1.650 meter. Sementara, syarat boing bisa masuk harus mencapai 2.600 meter.

Menurut Kepala Bandara Gusti Sjamsir Alam Kotabaru, Ferdinan Nurdin, Rabu (13/3/19) mengatakan target boieng masuk memang harus dilakukan secara bertahap.

Dia mengakui perlun proses namun harus dimulai dan dirinya mendapatkan dukungan dari Pemerintah Daerah.

Baca: Kabar Gembira! Pemerintah Buka 85.536 Lowongan CPNS dan 168.637 untuk PPPK Tahun Ini

Baca: Penjabat Sekdakab Abdul Manaf Hadiri Deklarasikan Zona Integritas WBK dan WBBM Polres Batola

Baca: Pemkab HSS Beri Layanan Bus Antar Jemput Gratis Pasien Cuci Darah di Daha, Masyarakat Doakan Bupati

"Saat ini kami proses pengusulan dan tahun depan, akan mulai pengerjaan penambahan lintasan dari 1.650 meter menjadi 2.000 meter di 2020 nanti," katanya.

Tidak cukup disitu, menurut Ferdinan lebar lintasan pesawat juga harus ditambah. Saat ini lebarnya hanya 30 meter, namun di 2020 saat penambahan panjang runway juga akan melebarkannya menjadi 45 meter.

"Untuk boeing 737 800 panjang runway harus 2600 x 45 meter. Makanya penambahan itu dilakukan secara bertahap karena 2000 saja masih tak cukup," katanya.

Penambahan runway di 2020 ini hanya sekitar 350 meter mengarah ke laut. Setelah itu tidak bisa lagi diperpanjang ke arah laut namun kearah jalan Provinsi sehingga harus dibebaskan.

"Setelah penambahan menjadi 2000 di tahun 2020, maka akan ada penambahan panjangbrunway memotong jalan provinsi sekitar 600 meter kearah jalan secara bertahap ditahun berikutnya," katanya.

Sementara itu, Bupati Kotabaru H Sayed Jafar, sebelumnya mengatakan untuk penambahan runway ke arah tengah memotong jalan Raya Provinsi, pemerintah daerah akan membuat jalan baru lagi dibelakang Polsek Pulau Laut Utara.

"Jadi target kita memang agar boing bisa masuk ke Kotabaru. Nah saat perpanjangan lintasan memotong jalan provinsi, maka daerah sudah mempersiapkan jalan baru tembus Gunung Sari tak jauh dari bandara," katanya.

(Banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved