Berita Kotabaru

Kepala Bandara Kotabaru Tinggal Tunggu Rekomendasi Gubernur, Terkait Perpanjangan Runway

Perpanjangan runway bandara Gusti Sjamsir Alam Kotabaru, tahun depan akan mulai dikerjakan, yang mengarah ke laut.

Kepala Bandara Kotabaru Tinggal Tunggu Rekomendasi Gubernur, Terkait Perpanjangan Runway
banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat
Runway bandara Gusti Sjamsir Alam Kotabaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Perpanjangan runway bandara Gusti Sjamsir Alam Kotabaru, tahun depan akan mulai dikerjakan, yang mengarah ke laut.

Bukan itu saja, rencana perpanjangan runway juga dibarengi dengan rencana pembuatan masterplan. Hanya saja rencana pembuatan masterplan masih menunggu rekomendaai dari Gubernur Kalimantan Selatan.

Nah, pada Jumat (15/3/19) kemarin, tim dari Provinsi akhirnya turun kelapangan melakukan pemantauan langsung. Dari hasil penijauan langsung tersebut, dianggap layak dan mendukung. Terlebih lagi ada dukungan dari Pemerintah Daerah Kotabaru.

Hal ini dibenarkan Kepala Bandara Gusti Sjamsir Alam Kotabaru, Ferdinan Nurdin, Senin (18/3/19). Ferdinan menjelaskan, kedatangan tim provinsi sangat mendukung dengan adanya rencana perpanjangan runway ke arah laut dan arah timur memotong jalan provinsi.

"PR kami tinggal izin pak gubernur. Tapi melihat respon dari tim, mereka mengatakan mendukung dan melihat langsung keadaannya ke ujung runway. Semuanya bisa berjalan lancar bila ada dukungan dari pemda," katanya.

Saat ini, pihak bandara masih menunggu, sebab dari penjelasan tim yang datang, setelah disampaikan ke Gubernur, maka bisa dikeluarkan surat rekomendasinya, dan selanjutnya untuk diajukan ke Kementrian Perhubungan.

Baca: RSUD Sultan Suriansyah Sediakan PSC, Belum Buka IGD, Simak Penjelasan Plt Kadinkes

Baca: Ariel NOAH Rayakan Satu Dekade Sahabat NOAH Usai Kabar Kecelakaan, Uki Dikabarkan Hengkang?

Baca: Analisa Psikolog Tentang Kejiwaan Nikita Mirzani yang Nyinyiri Syahrini-Reino Barack dan Ahmad Dhani


Ferdinan juga menjelaskan, perpanjangan runway pada 2020 sudah dipastikan bakal berjalan. Sebab, sudah pengusulan dan setujui sehingga tinggal pengerjaan pada 2020 mendatang.

"Tahun 2020 perpanjangan runway sepanjang 350 meter sehingga panjangnya menjadi 2000 meter dan lebarnya ditambah 15 meter sehingga menjadi 45 meter disepanjang lintasannya. Gahun selanjutnya baru ditambah lagi," katanya.

Dia juga menjelaskan, pada tahap 1 ini selama 5 tahun, rencana pembangunan runway menjadi 2300 meter hingga 2021. Dia juga mengatakan pengembangan bandara ini juga masuk dalam RPJM presiden sebagai program strategis Bandara Syamsudin Noor termasuk bandara Kotabaru ini.

Dia sangat yakin, pengembangan bandara ini penting dilakukan. Hal itu melihat dari segi potensi pariwisata dan sumber daya alamnya. Sehingga dirinya sangat optimis dengan pengembangan bandara tersebut.

"Kami sudah mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah. Dan perpanjangan runway kedepannya juga akan memotong jalan provinsi sampai dengan depan Polsek Pulau Laut Utara. Jadi kantor Polsek nanti juga kena, dan Pemda juga sudah siap untuk pemindahan kantor Polsek," katanya.

(Banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved