Berita HSS

Bupati HSS Keluarkan Surat Edaran Gunakan Kemasan Daun untuk Bungkus Makanan, Ini Sasarannya

Bupati HSS Keluarkan Surat Edaran Gunakan 0Kemasan Daun untuk Bungkus Makanan, Ini Sasarannya

Bupati HSS Keluarkan Surat Edaran Gunakan Kemasan Daun untuk Bungkus Makanan, Ini Sasarannya
Banjarmasin Post Group/Hanani
Tumpukan sampah plastik di TPA Malutu, Sungai Raya, HSS didominasi sampah plastik. Untuk mengurangi jenis sampah jenis tersebut Bupati HSS mengeluarkan surat edaran, terkait imbauan pengurangan penggunaan bahan plastik sekali pakai untuk seluruh instansi pemerintahan, swasta serta kalangan lembaga pendidikan di HSS. 

BANJARMASINPOST.CO. ID, KANDANGAN - Kepedulian terhadap lingkungan, diberikan Bupati Hulu Sungai Selatan H Achmad Fikry.

Dia mengimbau instansi pemerintah baik pemerintahan daerah maupun instansi vertikal di bawah pemerintah pusat yang di HSS agar membatasi penggunaan kemasan air minum berbahan plastik sekali pakai, kantong plastik, serta kemasan makanan berbahan plastik maupun kertas.

Penerapan pembatasan penggunaan bahan plastik sekali pakai tersebut, terutama saat penyajian konsumsi pada rapat, atau acara lainnya.

Tujuannya mengurangi jumlah sampah plastik yang tak bisa diurai tanah tersebut, serta mencegah makin meningkatnya sampah jenis plastik dan kertas.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Piala Sudirman 2019 di TVRI : Indonesia Satu Grup Bersama Denmark & Inggris

Baca: Jadwal Siaran Langsung Babak 8 Besar Piala Presiden 2019, Dibuka Persija vs Kalteng Putra

Baca: Jadwal Perempatfinal Liga Champions di RCTI : Manchester United vs Barcelona, Liverpool vs Porto

Dalam surat edaran Nomor 660/12/Dispera KPLH tentang Imbauan Pengurangan Penggunaan Kemasan Plastik sekali pakai dan atau Kantong plastik itu, Fikri meminta para pimpinan organisasi perangkat daerah, UPTD, pimpinan instansi vertikal, pimpinan BUMN/BUMD/swasta serta pimpinan lembaga pemdidikan membatasi penggunaan air minum kemasan plastik sekali pakai, kantong plastik baik untuk kebutuhan harian kantor maupun rapat-rapat.

Penyajian konsumsi rapat maupun acara lainnya, Bupati mengimbau agar lebih mengutamakan menggunakan wadah atau peralatan yang tidak berbahan plastik sekali pakai.

"Lebih dianjurkan menggunakan bahan organik, atau bahan yang mudah terurai seperti daun atau kertas,"katanya.

Tak hanya perkantoran di instansi pemerintahan, maupun non pemerintahan dan swasta. Imbauan juga disampaikan kepada pengelola kantin, di kantor dan sekolah, agar tidak menjual makanan dengan dengan kemasan plastik sekali pakai.

"ASN, Karyawan, karyawati dilingkungan kerja juga harus berperan aktif mendukung pengurangan sampah plastik ini,"kata Fikry.

Baca: Blak-blakan Melly Goeslaw Soal Lagu Restu yang Rilis, Tentang Syahrini, Luna Maya dan Reino Barack?

Caranya, dengan membawa tas belanja sendiri jika belanja di toko, atau pasar.

Membawa botol minuman sendiri saat bepergian, untuk mencegah penggunaan air minum dalam kemasan plastik sekali pakai serta memilah sampah rumah tangga antara sampah organik dan nonorganik, sebelum dibuang ke tempat pembuangan sementara yang disediakan.

Surat edaran tertanggal 18 Maret 2019 dengan tembusan Mendagri, Gubernur Kalsel serta Ketua DPRD HSS itupun telah disebarkan ke seluruh instansi pemerintahan Pemkab HSS, lembaga vertikal, BUMN, BUMD, Swasta serta sekolah-sekolah dan pengelola kantin.

(banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved