Cetak

Air untuk Kesejahteraan, Refleksi Peringatan Hari Air Sedunia

Air untuk Kesejahteraan, Refleksi Peringatan Hari Air Sedunia. AIR merupakan benda yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat.

Air untuk Kesejahteraan, Refleksi Peringatan Hari Air Sedunia
banjarmasin post group
Tangkapan Layar BPost Hal 4 Terbit Kamis (21/3/2019) - Air untuk Kesejahteraan 

BANJARMASINPOST.CO.ID - AIR merupakan benda yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat.

Dalam peradaban masyarakat kita saat ini, kita membutuhkan air setiap hari baik untuk keperluan memasak, mencuci maupun sanitasi, bahkan untuk aktivitas ekonomi (pertanian, industri, dan sebagainya).

Di wilayah kita, air bahkan kita gunakan sebagai pembangkit listrik. Dan tentu yang teramat penting, air kita gunakan untuk minum.

Konon katanya, manusia normal dapat bertahan hidup tanpa minum air hanya selama kurang lebih 3 hari. Pernahkah terbayang oleh kita seandainya air di wilayah kita tiba-tiba habis?

Baca: Via Vallen Colek Gading Marten Saat Lihat Gempita Versi Bule di Rusia, Mirip Anak Gisella Anastasia?

Baca: Respons Tak Terduga Jokowi & Sikap Kubu Prabowo Sikapi Hasil Survei Litbang Kompas di Pilpres 2019

Baca: Wawancara Khusus Prof Dr Sutarto Hadi Soal Akreditasi A, Rektor ULM Target Akreditasi Internasional

Kalimantan Selatan merupakan wilayah yang surplus air baku. Namun surplus air baku tidak menjamin masyarakat memiliki akses yang mudah terhadap air bersih siap pakai.

Bagi masyarakat, yang lebih penting adalah kemudahan dalam mengakses air bersih. Karena dengan kemudahan dalam mengakses air bersih, masyarakat bisa fokus untuk memikirkan dan melakukan hal-hal penting lainnya dalam kehidupan mereka seperti bekerja, sekolah, dan berbagai kegiatan lain yang bermanfaat untuk kemajuan bangsa.

Bagaimana masyarakat bisa fokus bekerja atau belajar atau melakukan aktivitas penting lainnya jika air di rumah mereka tidak tersedia selama berhari-hari, sehingga mereka tidak mandi berhari-hari. Pakaian mereka tidak dicuci berhari-hari, mereka tidak beristinja menggunakan air bersih, dan tidak bisa mengkonsumsi air sehat?

Jika wilayah kita mengalami krisis air bersih seperti itu, mungkin wilayah kita hanya bisa bertahan selama seminggu, setelah itu wilayah kita akan lumpuh.

Baca: Banyak Pos Polisi yang Kosong, Ini Penjelasan Kapolresta Banjarmasin dan Polda Kalsel

Mungkin sebagian dari kita menganggap krisis air bersih seperti itu tidak mungkin terjadi di wilayah kita. Apalagi jika terjadi pada tataran makro dengan skala yang masif. Namun pernahkah kita mengalami kelangkaan air bersih di rumah kita sendiri akibat misalnya aliran air yang macet dari perusahaan air (PDAM) yang kita langgan?

Atau mengalami kelangkaan air bersih akibat sumur rumah kita yang mengering? Atau mengalami kelangkaan air bersih akibat sungai yang biasa kita ambil airnya mengalami pencemaran? Atau mengalami kelangkaan air bersih akibat mengecilnya debit mata air pegunungan? Jika kita pernah mengalami kelangkaan air bersih pada skala mikro seperti itu, maka tidak tertutup kemungkinan krisis air bersih pada skala makro di wilayah kita juga bakalan terjadi.

Halaman
123
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved