Berita Banjarmasin

27 Orang Perwakilan Baznas Kabupaten/Kota Ikuti Bimtek Simba dari Baznas Pusat, Ini Tujuannya

Gusti Mahfudz mengatakan Bimtek Simba ini merupakan amanah Rakerda Baznas se Kalsel yang dilaksanakan akhir tahun 2018 lalu.

27 Orang Perwakilan Baznas Kabupaten/Kota Ikuti Bimtek Simba dari Baznas Pusat, Ini Tujuannya
banjarmasinpost.co.id/syaiful anwar
Sebanyak 27 orang perwakilan 13 Badan Amil dan Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten/Kota se Kalsel mengikuti pelatihan bimbingan teknik (Bimtek) sistem informasi dan manajemen Baznas (SiMBA) di Aquarius Hotel 27-29 Maret 2019. 

BANJARMASIN POST.CO.ID - Sebanyak 27 orang perwakilan 13 Badan Amil dan Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten/Kota se Kalsel mengikuti pelatihan bimbingan teknik (Bimtek) sistem informasi dan manajemen Baznas (SiMBA) di Aquarius Hotel 27-29 Maret 2019.

Bimtek Simba dengan pemateri oleh Edy Wiranto dari Baznas Pusat ini dibuka oleh Gusti Mahfudz Wakil Ketua Bidang Bidang Keuangan dan Pelaporan Baznas Kalsel, Rabu (27/3/2019).

Menurut Ratna, peserta perwakilan dari Bidang Pelaporan dan Keuangan Baznas Batola, dengan mengikuti Simba ini untuk menambah wawasan tentang pelaporan audit.

"Tahun lalu, Baznas Tanah Laut sudah meraih audit wajar. Mengingat tiap tahun selalu ada perubahan dalam sistem informatika, kami pun ikut bintek ini," katanya.

Baca: Ini Cara Jokowi Saat Tiba di Bandara Syamsudin Noor, Didampingi Iriana Jokowi dan Eric Thohir

Baca: Usai Doa dari Rhoma Irama, AHY & Annisa Pohan Ungkap Kondisi Ani Yudhoyono yang Didampingi SBY

Terpisah, Gusti Mahfudz mengatakan Bimtek Simba ini merupakan amanah Rakerda Baznas se Kalsel yang dilaksanakan akhir tahun 2018 lalu.

"Salah satu kelemahan Baznas seluruh Indonesia adalah dibidang pelaporan. Bila bidang pengumpulan dan sangat bagus," ucapnya.

Begitu juga, lanjut Mahfudz, pelaksanaan yang dilakukan Baznas cukup bagus, cuma kelemahannya di segi pelaporan.

"Tahun lalu, hanya 13 provinsi yang membuat laporan keuangan diaudit, sedangkan kabupaten/kota yang melakukan laporab audit hanya 33," tegas Akuntan Publik ini.

Berdasarkan pertimbangan di atas, perlu pelatihan Simba, supaya laporan keuangan daerah sudah terencana.

"Tahun lalu, di Kalsel hanya tiga kabupaten yang diaudit yakni Baznas Tanah Laut, Hulu Sungai Selatan dan Banjarbaru," katanya.

Lalu menjadi tujuh daerah diantaranya, Tapin, Balangan dan Barabai. "Kita harapkan di tahun 2019 ini ke-13 kabupaten/kota semuanya sudah di audit," katanya. (banjarmasin post.co.id/syaiful anwar)

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved