Bumi Sanggam

Balangan Gelar Musrenbang Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2020

Pemkab Balangan menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2019 untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020.

Balangan Gelar Musrenbang Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2020
Banjarmasinpost.co.id/dony usman
Bupati Balangan H Ansharuddin saat membuka musrenbang kabupaten Kamis (28/3/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Memantapkan perencanaan pembangunan daerah, Kabupaten Balangan menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2019 untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020, Kamis (28/3/2019) di Mahligai Mayang Maurai, Paringin.

Dalam musrenbang yang dibuka langsung Bupati Balangan H Ansharuddin ini, selain diisi penyampaian materi inti, juga dilakukan penandatanganan berita acara musrenbang tahun 2019.

Bupati Ansharuddin dalam sambutannya menyampaikan, pengembangan infrastruktrur daerah dalam upaya peningkatan kualitas layanan terhadap masyarakat menjadi satu prioritas yang dilaksanakan.

Dengan terbangunnya infrastruktur publik yang mantap, maka hal ini diharapkan bisa memberikan dampak berlipat ganda bagi pengembangan ekonomi, pengembangan SDM dan kehidupan sosial masyarakat.

Suasana Musrenbang Pemkab balangan, Kamis (28/3/2019).
Suasana Musrenbang Pemkab balangan, Kamis (28/3/2019). (Banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Untuk itulah beberapa fasilitas publik akan terus dilengkapi, termasuk juga untuk mempercantik perkotaan dengan melakukan pembenahan beberapa fasilitas yang ada.

Dalam kesempatan itu Ansharuddin juga menyinggung soal pengembangan ekonomi kerakyatan yang bertujuan agar jangan selalu berharap terhadap sektor pertambangan batubara.

"Kita bisa melihat bahwa sektor pertanian, sektor perdagangan dan jasa bisa menjadi harapan dan pondasi ekonomi balangan ke depan.Sektor ini harus selalu diperkuat sebagai basis ekonomi masyarakat Balangan," kata bupati.

Begitu pula bidang pertanian dan perkebunan harus mampu meningkatkan produksi dan produktifitasnya, sembari di sisi lain harus juga mampu mempertahankan lahan-lahan abadi pertanian.

Peserta Musrenbang Pemkab Balangan, Kamis (28/3/2019)
Peserta Musrenbang Pemkab Balangan, Kamis (28/3/2019) (Banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Terpisah JFP Bappeda Provinsi Kalsel, I Gede Suardika, menyampaikan, pelaksanaan musrenbang ini sebagai tahapan untuk memantapkan rancangan pembangunan daerah.

"Musrenbang bukanlah hal baru bagi kita semua karena setiap tahun selalu rutin dilaksanakan dalam rangka penyusunan RKPD," katanya.

Untuk itulah diharapkan kualitas RKPD dari tahun ke tahun akan meningkat dan lebih baik lagi menuju perencanaan pembangunan yang akuntabel, efesien dan efektif. (*/Aol)

Penulis: Dony Usman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved