Berita HST

Ketua DPRD HST Minta Rencana Kerja (Renja) dan Rencana Strategis (Renstra) Sesuai RPJMD

Ia menilai eksekutif belum maksimal menempatkan aspek perencanaan sebagai bagian utama dalam pengembangan program-program pembangunan daerah.

Ketua DPRD HST Minta Rencana Kerja (Renja) dan Rencana Strategis (Renstra) Sesuai RPJMD
banjarmasinpost.co.id/eka pertiwi
Suasana Musrenbang Kabupaten HST, Kamis (28/3/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020, di Pendopo Bupati, Barabai, Kamis (28/3/2019).

Dalam musrembang kali ini berbagai masukan datang. Di antaranya dari Ketua DPRD Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Saban Effendi. Ia menilai eksekutif  belum maksimal menempatkan aspek perencanaan sebagai bagian utama dalam pengembangan program-program pembangunan daerah.

Dicontohkannya, dalam penyusunan APBD Tahun 2019 yang lalu masih ada dokumen yang disusun oleh masing-masing SKPD entah Renstra maupun Renja yang belum ditemukan belum sejalan RPJPD maupun RPJMD.

Menurutnya, hal ini harus menjadi perhatian agar penyusunan strategi pembangunan tahun anggaran 2020.

Baca: Targetkan Sembilan Prioritas Daerah Selesai pada 2021

Baca: Gubernur Kalsel Paman Birin Bikin Sejarah Panen Raya Padi di Tapin Malam Hari, Ini Alasannya

Baca: Warga Petani di Desa Andika Sabar Menanti Gubernur Paman Birin Panen Raya hingga Malam Hari

Dia menegaskan, Tahun 2020 merupakan tahun keempat dari RPJMD periode lima tahun berikutnya. Sehingga SKPD dituntut untuk sungguh-sungguh menyusun Restra dengan tolak ukur apa yang sudah berhasil dicapai oleh RPJMD periode Tahun 2016-2021.

"Jangan sampai terjadi lagi dalam penyusunan dokumen perencanaan menggunakan data dan fakta yang tidak dapat dipertanggungjawabkan," pesannya.

Kepala Bappelitbangda HST, Ahmad Syahriani Effendi, mengatakan program dan kegiatan RPJMD/Renstra Kabupaten HST berjumlah 427 program dan 2.051 kegiatan.

Sedangkan program dan kegiatan RKPD Tahun 2020 sebanyak 311 program dan 814 kegiatan. Untuk Tahun 2019 sebanyak 369 program dan 1.359 kegiatan.

Hasil musrenbang kecamatan berjumlah 1.734 usulan. Yang disetujui sebanyak 1.110 usulan. Sedangkan Jumlah usulan prioritas RKPD sebanyak 444 usulan.

Bupati HST, A Chairansyah, berharap agar apa yang menjadi pritoritas dapat dilaksanakan sebaiknya. (Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved