Bumi Murakata

Musrenbang Pemkab HST 2019 : Targetkan Sembilan Prioritas Daerah Selesai pada 2021

Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten HST Tahun 2020 secara resmi dibuka oleh Bupati Hulu Sungai Tengah, A Chairansyah.

Musrenbang Pemkab HST 2019 : Targetkan Sembilan Prioritas Daerah Selesai pada 2021
HO/Humas Pemkab HST
Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten HST Tahun 2020 secara resmi dibuka oleh Bupati Hulu Sungai Tengah, A Chairansyah, di Pendopo Bupati, Barabai, Kalimantan Selatan, Kamis (28/3/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten HST Tahun 2020 secara resmi dibuka oleh Bupati Hulu Sungai Tengah, A Chairansyah, di Pendopo Bupati, Barabai, Kalimantan Selatan, Kamis (28/3/2019).

A Chairansyah mengharapkan agar prioritas pembangunan HST dapat benar-benar tercapai secara optimal dan dirasakan langsung oleh masyarakat HST. Terutama usulan-usulan yang telah disampaikan melalui mekanisme sejak musrenbang desa, kecamatan hingga kabupaten.

"Yang masuk kategori prioritas itu yang kami dahulukan," ujarnya. 

Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten HST Tahun 2020 secara resmi dibuka oleh Bupati Hulu Sungai Tengah, A Chairansyah, di Pendopo Bupati, Barabai, Kalimantan Selatan, Kamis (28/3/2019).
Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten HST Tahun 2020 secara resmi dibuka oleh Bupati Hulu Sungai Tengah, A Chairansyah, di Pendopo Bupati, Barabai, Kalimantan Selatan, Kamis (28/3/2019). (HO/Humas Pemkab HST)

Sementara itu, Kepala Bappelitbangda, Ahmad Syahriani Effendi, ada sembilan prioritas pembangunan HST, arah kebijakan pembangunan, sasaran, dan target pembangunan termasuk program dan kegiatan RKPD dimana didalamnya tercakup tentang IPM dan pertumbuhan ekonomi HST secara umum.

Sembilan Prioritas Daerah, yakni :

  1. HST Sehat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan
  2. HST Cerdas dan Bermartabat melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia dengan arah kebijakan
  3. prioritas adalah peningkatan akses dan kualitas pelayanan pendidikan
  4. HST Terampil melalui peningkatan kulitas sumber daya manusia
  5. HST Sejahtera dan Mandiri melalui peningkatan produktivitas dan perekonomian daerah
  6. HST Mantap melalui peningkatan kulitas infrastruktur
  7. HST Hijau Berseri melalui peningkatan kualitas lingkungan
  8. HST Agamis melalui peningkatan kehidupan sosial, keagamaan dan budaya
  9. HST Prima melalui peningkatan pelayanan publik, dan HST Berkinerja melalui peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik.

Selain itu, pada musrenbang di tingkat kecamatan, diperoleh usulan kecamatan 1.734 usulan, namun jumlah yang disetujui 1.110 usulan dan yang termasuk dalam prioritas sebanyak 444 usulan.

Para peserta dan undangan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten HST Tahun 2020 di Pendopo Bupati, Barabai, Kalimantan Selatan, Kamis (28/3/2019).
Para peserta dan undangan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten HST Tahun 2020 di Pendopo Bupati, Barabai, Kalimantan Selatan, Kamis (28/3/2019). (HO/Humas Pemkab HST)

Kemudian untuk rencana 2020 mendatang, didapat data rencana program dan kegiatan RKPD sebanyak 311 program, dan 814 kegiatan, dengan total proyeksi kemampuan fiskal tahun 2020 dengan rancangan awal rencana kerja SKPD sebesar 1.062 milyar yang sudah termasuk operasional SKPD, jelasnya.

Musrenbang ini menghadirkan narasumber Ketua DPRD HST, Bappelitbangda Provinsi Kal Sel, Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kal Sel dan diikuti oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah HST.

Para Kepala SOPD dilingkungan Pemkab HST, Camat se HST, Alim, Ulama, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, LSM, Organisasi Masyarakat, Organisasi Kepemudaan, TP PKK, pimpinan partai politik, dan undangan lainnya. (*/Aol)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved