Mahasiswa Raih Beasiswa di Luar Negeri

Cita-Cita Jadi Akademisi Dari Kecil Bawa Nikmah Hingga ke Inggris

Gantungkan Cita-Citamu Setinggi Langit, pepatah dari Ir Soekarno itu sepertinya berlaku bagi Nikmah Hariati yang berhasil meraih mimpinya bersekolah k

Cita-Cita Jadi Akademisi Dari Kecil Bawa Nikmah Hingga ke Inggris
Dok Nikmah Hariati untuk BPost Group
Nikmah Hariati saat di Inggris 

BANJARMASINPOST.CO.ID – Gantungkan Cita-Citamu Setinggi Langit, pepatah dari Ir Soekarno itu sepertinya berlaku bagi Nikmah Hariati yang berhasil meraih mimpinya bersekolah ke luar negeri.

Berawal dari cita-citanya untuk menjadi tenaga pendidik, ia akhirnya mampu menamatkan kuliah di University of Edinburgh, Scotland, UK.

“Kalau aku sih niatnya emang dari dulu mau jadi akademisi. Niatnya pengen jadi guru gitu ya, tapi semakin besar kita tahu jadi guru tuh nggak semudah itu,” ujar Nikmah.

“Kalau mau jadi akademisi kan memang harus belajar terus, makanya akhirnya memutuskan untuk melanjutkan ke tahap yang lebih tinggi,” lanjutnya.

Baca: Ayu Ting Ting Ungkap Kriteria Calon Suami, Sesuai Ivan Gunawan, Kriss Hatta Hingga Raffi Ahmad?

Baca: Nyinyir ke Syahrini & Reino Barack Hingga Gisel & Wijaya Saputra, Nikita Mirzani Malu ke Pria Ini

Baca: Jadwal FP 1 & FP 2 MotoGP Argentina 2019 Live Trans 7 Malam Ini, Kenangan Insiden Rossi vs Marquez

Pun demikian, menurutnya belajar atau memperdalam Bahasa Inggris di tempat bahasa aslinya lahir akan lebih baik karena lebih banyak referensi yang didapat.

“Nah kalau aku tuh mikir, belajar bahasa Inggris di tempat kita (kampus-kampus Indonesia) sudah bagus memang, tapi kalau nyari beasiswa di Indonesia memang belum kepikiran sih,” papar alumni FKIP Bahasa Inggris itu.

Lebih lanjut, Nikmah memaparkan, jika dia memang harus lanjut S-2 lewat jalur beasiswa, kenapa tidak sekalian memilih universitas di luar negeri.

“Kalau memang mau nyari beasiswa, kenapa nggak sekalian ke luar negeri. Lagi pula kalau kita belajar di tempat bahasa itu lahir, itu kan jadi lebih baik ya.”

Menurutnya lagi, berkuliah di luar negeri berarti memiliki pembanding atas ilmu yang telah di dapatkan selama di Indonesia juga di Inggris.

Niswi berada di kantor berita CNN pusat di Amerika
Niswi berada di kantor berita CNN pusat di Amerika (Dok Niswi untuk BPost Group)

Sedikit berbeda dari Nikmah, Niswi Ulfini justru memiliki keinginan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri saat ia berada di bangku kuliah.

Halaman
12
Penulis: Noor Masrida
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved