Berita Kalteng

DPRD Kalteng Soroti Operasional Tambang Galian Pasir

Pemerintah Kabupaten dan kota hingga saat ini belum bisa melakukan pengutan untuk tambang galian pasir dan jenis galian c lainnya, lantaran belum ada

DPRD Kalteng Soroti Operasional Tambang Galian Pasir
tribunkalteng.co/fathurahman
Anggota DPRD Kalteng, Ergan Tunjung 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Pemerintah Kabupaten dan kota hingga saat ini belum bisa melakukan pengutan untuk tambang galian pasir dan jenis galian c lainnya, lantaran belum adanya peraturan daerah dari Provinsi Kalimantan Tengah yang memberikan kewenangan pungutan tersebut.

Hal ini, menjadi sorotan kalangan DPRD Kalimantan Tengah, setelah melakukan kunjungan kerja ke daerah pemilihan masing-masing, pemerintah kabupaten maupun kota belum bisa melakukan pungutan retribusi atau pajak lantaran kewenangan ada di Pemprov Kalteng.

Pemindahan kewenangan dalam pengelolaan tambang tersebut ke provinsi selama ini menjadi dilema bagi kabupaten, karena beberapa warga yang di lahan miliknya terdapat potensi tambang galian C harus mengurus perizinanan cukup jauh ke Palangkaraya.

Baca: Video Gisella Anastasia Tampil Seksi Viral, Gaun Kekasih Wijaya Saputra Sempat Melorot

Baca: Kata Maia Estianty Tentang Lagu Sang Penggoda yang Dinyanyikan Luna Maya dan Tata Janeeta

Baca: Calon Suami Janda Nassar, Muzdalifah Bukan Sosok Biasa, Terpaut 15 Tahun Fadel Islami Berprofesi Ini

Baca: Syahrini dan Reino Barack, Mantan Luna Maya Santap Lagi Masakan yang Dianggap Siksa Hewan di Swiss

Sebab itu, Kalangan Komsik B DPRD Kalteng yang membidangi masalah tambang mengusulkan untuk mencarikan solusi terkait masalah tersebut, untuk memudahkan warga atau pengusaha dalam pengurusan mendapatkan izin galian c dan dengan membuat perda atau pergub.

"Ini yang masih kami bicarakan, harusnya ada peraturan daerah yang dibuat atau pergub, agar pungutan galian C di kabupaten ada dasar untuk pungutannya.Kami akan berunding lagi dengan instansi terkait soal ini,agar bisa mendongkrak PAD," ujar anggota DPRD Kalteng, Ergan Tunjung.

banjarmasinpost.co id / faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved