Berita Banjarbaru

Terkait Penggunaan Suket KTP Elektronik untuk Mencoblos, KPU Banjarbaru Tunggu Edaran KPU RI

Penggunaan Surat Keterangan (suket) perekaman KTP Elektronik atau KTP El sebagai syarat mencoblos sudah bisa dilaksanakan.

Terkait Penggunaan Suket KTP Elektronik untuk Mencoblos, KPU Banjarbaru Tunggu Edaran KPU RI
SERAMBINEWS.COM
pemilu pencoblosan pilkada 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Penggunaan Surat Keterangan (suket) perekaman KTP Elektronik atau KTP El sebagai syarat mencoblos sudah bisa dilaksanakan.

Hal itu setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan uji materi atau judicial review yang diminta pemohon terhadap pasal 348 ayat 9 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, Kamis (28/3).

Pada amar putusannya, "Sebelum KTP El diperoleh, yang bersangkutan (pemilih, Red) dapat memakai atau menggunakan surat keterangan (Suket) perekaman KTP elektronik dari dinas urusan kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) terkait sebagai pengganti KTP-elektronik."

Dengan keputusan MK itu masyarakat yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP El) bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu dan Pilpres, 17 April mendatang.

Ketua KPU Kalsel, Hegar Wahyu Hidayat, Jumat (29/3/2019) membenarkan bahwa sudah ada putusan itu. Hanya saja langkahnya kini masih menunggu surat edaran dari KPU RI di Jakarta.

"Kita masih menunggu edaran turunnya dari KPU RI," kata Hegar kepada banjarmasinpost.co.id.

Baca: Bukan Karena Luna Maya, Rumah Tangga Syahrini & Reino Barack Disebut Bakal Hancur Oleh Sosok Ini

Baca: Jelang Isra Miraj 2019 Tanggal 27 Rajab, Simak Bacaan Zikir Bulan Rajab yang Diajarkan Nabi Ibrahim

Baca: Link Live Streaming MotoGP Argentina 2019 Jumat (29/3) Free Practice 1 & 2 Malam, Race Live Trans7

Dijelaskan dia, dengan adanya putusan MK dan edaran KPU Jakarta, KPU Banjarbaru akan patuh dan melaksanakannya sesuai apa yang diperintahkan dari KPU RI nantinya.

"Termasuk juga nanti perihal tentang penambahan surat suara untuk KPU Banjarbaru yang masih belum lengkap seratus persen," jelas Hegar.

Sembari menunggu, papar Hegar, KPU Kalsel terus berkoordinasi dengan Disdukcapil untuk pemilih yang baru perekaman KTP dan yang belum.

"Intinya meski calon pemilih nanti tidak ada undangan namun dia punya KTP Elektronik kita berikan eksempatan setelah undangan dan DPT terdaftar sudah selesia mencoblos. Kalau ada tambahan itu dimasukkan dalam pemilih khusus," kata Hegar.

Dijelaskan dia lebih jauh, untuk Daftar Pemilih Tetap di Banjarbaru ada sebanyak 156.347 pemilih dengan rincian ada sebanyak 76.970 pemilih laki laki dan sebanyak 79.377 adalah pemilih perempuan.

Halaman
12
Penulis: Nurholis Huda
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved