Berita Banjarbaru

Ini Keunggulan dan Khasiat Daun Gelinggang yang Diekspor ke Jepang kata Prof Ismed Setya Budi

Menyoal daun Gelinggang yang bisa sampai di ekpor ke Jepang juga mendapat sorotan dari Universitas Lambung Mangkurat.

Ini Keunggulan dan Khasiat Daun Gelinggang yang Diekspor ke Jepang kata Prof Ismed Setya Budi
Istimewa
Prof Ismed Setya Budi 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARBARU - Menyoal daun Gelinggang yang bisa sampai di ekpor ke Jepang juga mendapat sorotan dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

Menurut Wakil Dekan Bagian Umum dan keuangan Fakultas Pertanian ULM Ismed Setya Budi, bahwa Kalsel memiliki kekayaan keanekaragaman hayati yang luar biasa banyaknya.

"Daun gulinggang hanya merupakan salah satu yang belum dimanfaatkan. Khasiatnya sudah dibuktikan sejak nenek moyang sehingga pemanfaatannya hanya sebagai obat tradisional.

Kajian ilmiah sudah membuktikan adanya metabolit sekunder yang berfungsi sebagai zat anti jamur, glikosida, alkaloid, flavonoid, dan berbagai bahan vitamin, "paparnya.

Baca: Kalsel Mengawali Ekspor Daun Gelinggang ke Jepang, di Negeri Sakura Dimanfaatkan untuk ini

Disebutkannya, budidaya tanaman gelinggang sangat mudah dan tidak memerlukan perawatan khusus, sehingga dapat ditanam sebagai tanaman sela di antara tanaman utama seperti karet atau kelapa sawit, dapat ditanam pada kondisi tanah marjinal yang kurang subur. Dapat juga di tanah di tegalan sawah atau di tepi sawah.

"Kebutuhan ekspor memang saat ini mulai meningkat, namun perlu disadari pangsa pasar akan cepat jenuh kalau suplai mudah didapat dalam jumlah besa," kata Prof Ismed Setya Budi, Sabtu (30/3/2019).

Saat ini, sambungnya, pengembangannya memang belum menemui kendala. Namun kalo sudah ditanam secara luas maka hama penyakit menjadi kendala utama." Inilah penting fitosanitari agar produk bisa bersaing didunia. Kalau terabaikan maka kalah bersaing karena eksport dibebani persyaratan yang makin meningkat," runutnya.

Strategi kedepan, kata Prof Ismed Setya Budi, paling tepat adalah tidak lagi ekspor bahan mentah tapi bagaimana Kalsel juga bisa mengolah daun gulinggang menjadi produk setengah jadi atau produk jadi. Dengan demikian keuntungan bisa meningkat secara nyata. (banjarmasinpost.co.id /Lis).

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved