Berita Kabupaten Banjar

Dukcapil Banjar Tiap Sabtu Hunting Rekaman KTP Elektronik Jelang Pemilu 2019, Segini Sasarannya

Pelayanan administrasi kependudukan kian diintensifkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Banjar.

Dukcapil Banjar Tiap Sabtu Hunting Rekaman KTP Elektronik Jelang Pemilu 2019, Segini Sasarannya
banjarmasinpost.co.id/idda royani
Warga menunggu antrean untuk melakukan perekaman KTP Elektronik di kantor Dinas Dukcapil Banjar di Jalan Batuah, Martapura, Senin (01/04/2019) siang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Pelayanan administrasi kependudukan kian diintensifkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Banjar. Terutama pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau KTP El.

Layanan perekaman, misalnya, tak cuma dikakukan di kantor Dinas Dukcapil di Jalan Batuah, Martapura, maupun di sejumlah kantor kecamatan. Lebih dari itu juga dilakukan secara hunting atau turun ke tengah masyarakat.

Kepala Dinas Dukcapil Banjar Azwar, Senin (01/04/2019) menuturkan kegiatan jemput bola tersebut telah dilaksanakan sejak tahun lalu dan berlanjut tahun ini. Bahkan kian dimaksimalkan.

"Layanan jemput bola itu kami lakukan tiap Hari Sabtu. Kemarin misalnya, kami turun ke Kecamatan Gambut," beber Azwar.

Lumayan banyak masyarakat di wilayah Gambut yang memanfaatkan layanan tersebut. Totalnya sebanyak 389 orang.

Baca: Banjir di Desa Padang Mihu, Pelajar SMA Kecamatan Juai Sempat Dievakuasi Untuk Ikut UNBK

Bahkan layanan yang diberikan tak cuma sebatas perekaman, tapi juga bisa langsung mencetak KTP El. "Pada kegiatan di Gambut kemarin, jumlah perekamannya sebanyak 181 orang, sedangkan pencetakannya sebanyak 208 keping," beber Azwar.

Selain itu juga ada tujuh orang yang dilayani pengubahan data kependudukannya. "Alhamdulillah kegiatannya yang digelar di kantor Kecamatan Gambut tersebut lancar. Masyarakat sangat antusias," tandasnya.

ANTRE - Warga menunggu antrean untuk melakukan perekaman KTP El di kantor Dinas Dukcapil Banjar di Jalan Batuah, Martapura, Senin (01/04/2019) siang.
ANTRE - Warga menunggu antrean untuk melakukan perekaman KTP El di kantor Dinas Dukcapil Banjar di Jalan Batuah, Martapura, Senin (01/04/2019) siang. (banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Saking tingginya animo masyarakat, pegawai Dinas Dukcapil Banjar bahkan hingga malam baru bisa pulang. Meski begitu semua tetap semangat demi memberikan pelayanan terbaik.

Sementara itu, pantauan di kantor Dukcapil Banjar di Jalan Batuah, Martapura, Senin (01/04/2019) siang, masyarakat cukup ramai mengurus administrasi kependudukan. Termasuk yang melakukan perekaman KTP El.

Baca: Sejak 2018 Suket Tak Diberlakukan di Kabupaten Tapin, Suket Asli Ada Barcodenya

Hingga pascajam istirahat siang dan layanan kembali dibuka pukul 14.00 Wita, masih cukup banyak warga yang antre. "Saya kena nomor antrean 68. Sabar aja sih saya," aku Hamdan, warga Martapura.

Senada diutarakan Rahmadiansyah, warga Desa Jingahabang, Kecamatan Karangintan. Ia mengaku sejak pagi tiba di kantor Dukcapil Banjar. "Ini saya menemani anak saya, pemilih pemula," akunya.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved