Berita Banjarmasin

Jembatan Alalak Akhirnya Ditutup, Perhatikan Rambu dan Jalur Barunya

Jembatan Alalak 1,kini ditutup. Pengendara harus melewati jalur lain untuk menyeberang mengarah ke Kabupaten Barito Kuala.

Jembatan Alalak Akhirnya Ditutup, Perhatikan Rambu dan Jalur Barunya
(istimewa/Dishub Banjarmasin)
Skema rekayasa lalu lintas untuk penutupan Jembatan Alalak 1 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN- 10 personil Dishub Kota Banjarmasin diturunkan untuk pengamanan di jalur rekayasa lalu lintas yang diberlakukan sejak Senin (1/4/2019). Ya, rekayasa lalu lintas tersebut merupakan pengalihan arus Jalan Birgjen Hasan Basri untuk kelancaran pengerjaan Jembatan Alalak 1.

Terhitung hari ini, akses ke jembatan tersebut kini ditutup. Pengendara harus melewati jalur lain untuk menyeberang sungai atau mengarah ke Kabupaten Barito Kuala.

Sejumlah akses jalan alternatif telah disediakan untuk pengendara yang melintas. Bagi mereka yang hendak menuju luar kota Banjarmasin melalui Handil Bakti atau Alalak, maka harus melewati Jembatan Alalak II. Begitupun sebaliknya.

Baca: Polisi Tangkap Pemilik Pangkalan Elpiji, Gara-gara Melanggar Aturan ini

Baca: LIVE beIN Sports 1! Link Live Streaming Arsenal vs Newcastle United Liga Inggris Malam Ini

Baca: Kemarahan Sule Hingga Bikin Karyawannya Menangis, Ayah Rizky Febian Sampai Lakukan Ini Luapkan Emosi

Baca: Jadi Buruan Kolektor, Sepatu Nike Jebol Pebasket ini Bernilai Rp 3,5 Miliar

Hanya saja ada jalur berbeda untuk yang masuk ke dalam kota. Karena telah diberlakukan jalur satu arah pada Jalan Cemara Raya, Simpang Adhiyaksa dan Jalan Tembus Perumnas.

Beberapa titik di area tersebut dijaga oleh petugas gabungan baik itu dari Dishub Banjarmasin maupun Batola serta Satlantas Polda Kalsel dan Polres Batola, Polresta Banjarmasin.

Mengenai pengalihan jalur kali ini, Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Ichwan Nur Chalik menyampaikan kalau pihaknya selalu siap untuk mengawal proyek jembatan. Tentunya melalui tufoksi Dishub yang ikut serta mengamankan lalu lintas.

Sejumlah rambu telah dipasang untuk pemberitahuan jalur tersebut. Tak cukup itu ujar Ichwan, akan ada pula spanduk yang nantinya sebagai pemberitahuan jalur.

"Bukan hanya sekedar rambu-rambu dilarang melintas. Tapi juga ada spanduk jalan satu arah di beberapa lokasi," ucapnya.

Baca: Satpol PP Banjarbaru Targetkan Pemberantasan Prostitusi Online

Baca: MTQ ke-43 Tingkat Kabupaten Banjar Sukses Digelar, Guru Khalil Sampaikan Pesan ini

Baca: Dibawah Klopp Liverpool Memasuki Era Terbaik, Geser Manchester City Dari Puncak Klasemen

Persiapan lainnya dikatakan Ichwan ialah perlunya barrier dari beton. Karena waktu untuk pengalihan arus tersebut tidak sebentar.

Sebutnya pula, penutupan kali ini sama sebagaimana jalur simulasi sebelumnya. Tidak ada perubahan. Karena hanya solusi rekayasa lalu lintas saat inilah yang terbaik.

Ia pun mengimbau agar masyarakat pengguna jalan menyusun jadwal kembali. Pengguna jalan yang terdampak pengalihan arus harus pintar p menyusun jadwal atau rencana. Apabila terhitung macet, maka perlu disesuaikan.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved