Pileg 2019

Begini Saran Pengamat Politik Ini Soal Sistem Politik Indonesia

Ada kemungkinan Caleg termasuk Caleg muda yang dicalonkan bukan karena kualitas namun karena adanya kedekatan dengan elit Partai.

Begini Saran Pengamat Politik Ini Soal Sistem Politik Indonesia
(istimewa)
Pengamat Hukum Tata Negara, Erfa Redhani 

BANJARMASIN BPOST, CO.ID, BANJARMASIN - Ditengah besarnya peran kaum muda dalam kancah perpolitikan, Pengamat Muda Hukum Tata Negara Erfa Redhani menilai masih ada masalah terkait regulasi pencalonan anggota Legislatif di Indonesia.

Akibatnya menurut Erfa, ada kemungkinan Calon Legislatif (Caleg) termasuk Caleg muda yang dicalonkan bukan karena kualitas namun karena adanya kedekatan dengan elit Partai Politik.

"Kebutuhan akan Caleg muda benar ada, tapi jadi terkesan Parpol asal comot asalkan muda dan bisa mendulang suara tanpa terlalu mementingkan kualitas," kata Erfa.

Baca: Pasar Los Batu Kandangan, Tertua di Banua Anam Bertingkat Dua

Baca: Beredar Kabar Wakil Bupati Kapuas dan Ketua DPRD Terjaring OTT, Diduga Isu Berawal dari ini

Baca: LIVE Streaming Indosiar! Prediksi & Jadwal Arema FC vs Kalteng Putra, Semifinal Piala Presiden 2019

Baca: Sikap Tak Biasa Suami Syahrini, Reino Barack Usai Nikah, Eks Luna Maya Disebut Begini oleh Pelatih

Hal ini menurutnya terjadi karena belum ada aturan yang secara spesifik mengatur syarat konsistensi para Caleg, misalnya syarat wajib sudah menjadi kader partai pengusung selama waktu tertentu sebelum maju menjadi Caleg.

"Akhirnya siapa yang punya akses ke elit Parpol lalu dicalegkan, sementara jejak rekam, ide, narasi dan gagasan yang mau diperjuangkan tidak sepenuhnya komperhensif," kata Erfa.

Hal ini menurutnya yang sebabkan masih ada Caleg-Caleg muda hanya melakukan cara-cara mainstream dengan memasang alat peraga kampanye besar tanpa mengajak masyarakat berpikir untuk perjuangkan ide dan gagasan solutif yang dibawanya.

Baca: Cidera Bekap 9 Pemain Juventus Jelang Kontra Cagliari, Termasuk Ronaldo

Baca: Penyesalan Lia Ladysta karena Syahrini yang Kini Istri Eks Luna Maya, Reino Barack, Motif Terbongkar

Menghadapi Pemilu Legislatif Tahun 2019, Erfa mengimbau masyarakat untuk tidak hanya mempertimbangkan faktor-tua mudanya seorang Caleg, namun juga kompetensi dan nilai gagasan yang bisa menjadi alternatif solusi masalah yang ada di masyarakat.

"Jangan cuma lihat oh Caleg ini muda, karena bisa saja Caleg muda tapi gagasannya sama saja dengan yang lain. Jadi wajib jeli melihat kompetensi dan kemampuan masing-masing Caleg," kata Erfa. (BANJARMASINPOST.CO.ID/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved