Selebrita

Bos Facebook Layangkan Surat Terbuka, Isinya Minta Pemerintah untuk Atur Media Sosial

Melalui surat terbuka itu, Zuckerberg pun meminta adanya aturan baru dari pihak pemerintah negara-negara tempat Facebook beroperasi.

Bos Facebook Layangkan Surat Terbuka, Isinya Minta Pemerintah untuk Atur Media Sosial
(Brendan Smialowski / AFP)
CEO Facebook Mark Zuckerberg meminta pemerintah untuk atur media sosial 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Bos Facebook, melayangkan sebuah surat terbuka menyangkut beberapa hal seperti peredaran konten berbahaya, integritas pemilu, privasi dan data portal.

Melalui surat terbuka itu, Zuckerberg pun meminta adanya aturan baru dari pihak pemerintah negara-negara tempat Facebook beroperasi.

Surat ini dilayangkan Zuckerberg karena  menurutnya mengendalikan konten negatif tidak bisa dilakukan perusahaan media sosial seorang diri.

"Perlu ada campur tangan pemerintah yang lebih besar dalam pengawasan konten negatif yang mudah beredar dengan cepat di ranah maya,"ungkapnya.

Baca: Putra Sandra Dewi Dihadiahi Jet Pribadi oleh Harvey Moeis, Mantan Reino Barack Malah Posting Ini

Baca: Pulau Paling Berbahaya di Dunia Ada di Myanmar, Pernah Menewaskan 500 Tentara Jepang

Baca: Ratna Sarumpaet Berharap Permohonan Tahanan Kota Dikabulkan, Saya Sudah 71 Tahun

Baca: Jadwal dan Prediksi Ivan Kolev Jelang Persija Jakarta vs Ceres Negros di Grup G Piala AFC 2019

"Pembuat undang-undang seringkali mengatakan kepada saya bahwa kami (Facebook) memiliki terlalu banyak kekuasaan melebihi perkataan, dan sejujurnya saya setuju," tulis Zuckerberg dalam surat terbukanya.

Dalam tulisan yang sama, Zuckerberg juga menyebut beberapa aturan yang telah dibuat jejaring sosialnya untuk meregulasi peredaran konten di antara para pengguna.

Salah satunya adalah pembentukan badan independen yang memungkinkan pengguna menggunggat keputusan Facebook tentang posting yang diunggah maupun yang ditarik.

Menurut Zuckerberg, regulasi-regulasi seperti yang ia bangun seharusnya juga berlaku untuk semua situs. Sehingga, peredaran konten berbahaya bisa disetop di berbagai platform.

Minta laporan bulanan

Dirangkum KompasTekno dari BBC, Selasa (2/4/2018), ada beberapa hal yang diminta Zuckerberg untuk pengontrolan internet. Pertama adalah aturan umum yang berlaku untuk semua media sosial.

Halaman
123
Editor: Hari Widodo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved