Kisah Sukses Freelancer Online Banua

Ini Tips Mau Cari Pundi-pundi Rupiah Dari Bisnis Freelancer Online, Ikuti Cara Zaida Fitria Ini

Sebagai seorang freelancer online yang melakoni bidang animasi, yakni illustrator dan desain grafis Zaida Fitria memiliki tips

Ini Tips Mau Cari Pundi-pundi Rupiah Dari Bisnis Freelancer Online, Ikuti Cara Zaida Fitria Ini
Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti
Zaida Fitria 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN- Sebagai seorang freelancer online yang melakoni bidang animasi, yakni illustrator dan desain grafis Zaida Fitria memiliki tips buat melakoni profesi tersebut.

Sebutnya, sebelum menjadi atau terjun ke dunia freelancer, wajib punya ilmu terlebih dahulu. Kemudian putuskan pada bidang apa yang bakal digeluti. Selain itu jenis klien yang bagaimana untuk sasaran pekerjaan.

“Setidaknya mempunya kemampuan berbahasa inggris dasar,” ucap Zaida.

Ia juga menyarankan untuk mendaftarkan diri ke banyak situs freelance. Kemudian fokus skepada beberapa situs freelance yang paling cepat mendapatkan klien atau buyer.

Tak kalah penting ujar Zaida ialah gunakan harga murah atau standart. Setelah mendapatkan review atau feedback yang bagus dari klien, maka secara bertahap bisa menaikan harga.

Baca: Eits Jangan Salah, Jadi Freelancer Online Ternyata Ada Dukanya Juga. Salah Satunya Soal Jam Tidur

Baca: Waw, Dalam Satu Bulan Freelancer Online, Zaida Dapat Gaji Hingga Rp 14 Juta. Cuma di Depan Komputer

Baca: Awalnya Mau Jadi Webtoonist Official, Malah Kepincut Freelancer Online, Ternyata Karena Hal Ini

Zaida Fitria saat di depan komputernya.
Zaida Fitria saat di depan komputernya. (Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti)

Asah kemampun ujarnya juga harus dilakukan. Karena menurut Zaida, besarnya pendapatan berbanding lurus dengan kualitas. Selain itu, apabila ada budgetnya, Zaida menyarakan agar freelancer menggunakan aplikasi atau software ori atau open source. Tak lupa ia sarankan ialah berdoa dan sedekah.

Ia juga menggambarkan pekerjaan sebagai freelancer illustrator dan desain grafis. Untuk satu job ilustrasi, Zaida bisa menghabiskan waktu satu hingga tiga jam. Namun untuk desain cukup 30 menit hingga satu jam. Satu bulan, ia bisa mendapatkan orderan 30 sampai 40 pemesan, melalui situs Fiverr.

Laptop atau PC dan pen tablet tak pernah ketinggalan dalam keseharian seorang freelancer online sebagaimana Zaida. Ketika bekerja ia kerab menggunakan aplikasi pengolah ilustrasi dan desain seperti Paint tool Sai, Adobe photoshop dan Adobe illustrator.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved