BUMI ANTALUDIN

BumDes Harus Gali Potensi Desa Sebagai Peluang Usaha, Bermitra dengan Masyarakat

esa-desa di Kabupaten Hulu Sungai Selatan memiliki banyak potensi yang bisa digali sebagai peluang usaha dalam rangka kemandirian desa melalui Bumdes.

BumDes Harus Gali Potensi Desa Sebagai Peluang Usaha, Bermitra dengan Masyarakat
HO/Dinas Kominfo HSS
Pjs Sekda HSS H Hubriansyah, bersama salah satu narasumber Workshop Kemitraan Bumdes se-Kabupaten HSS, Kamis (4/4/2019) di Gedung Kesenian Kandangan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Desa-desa di Kabupaten Hulu Sungai Selatan memiliki banyak potensi yang bisa digali sebagai peluang usaha dalam rangka kemandirian desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BumDes) di antaranya, tanah kas desa, objek wisata, usaha ekonomi kreatif, bangunan aset desa, sektor perkebunan, pertanian dan lain-lain.

Hal tersebut didukung jiwa gotong royong masyarakat, kejujuran serta kepedulian dan sumber daya alam lainnuya.

Contoh potensi desa yang bisa digarap BumDes tersebut disampaikan Bupati HSS H Acmad Fikry dalam sambutan dibacakan Pjs Sekda HSS H Hubriansyah, saat membuka Workshop Kemitraan Bumdes se-Kabupaten HSS, Kamis (4/4/2019) di Gedung Kesenian Kandangan.

Sebelum Workshop Pjs Sekda silaturahmi dengan para peserta
Sebelum Workshop Pjs Sekda silaturahmi dengan para peserta (HO/Dinas Kominfo HSS)

Disebutkan, di HSS sudah banyak desa memiliki Bumdes dengan jenis usdaha yang kian variatif. Meski demikian, Bupati meminta jangan sampai keberadaan Bumdes malah mematikan usaha masyarakat.

"Justru harus menjadi mitra yang bisa meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat,"kata Bupati.

Diharapkan Workshop tersebut bisa menambah wawasan para pengelola maupun aparat desa, ‎bagaimana usaha dari penggalian potensi desa itu bisa berkembang menjadi besar sampai mandiri.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) HSS Kamidi melaporkan, BUmdes yang dimiliki desa-desa di HSS merupakan lembaga ekonomi desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan potensi dan aset desa masing-masing.  Khususnya di bidang pertanian.

"Meningkatnya hasil pertanian di HSS menjadi peluang usaha pengembangan hasil petadi melalui Bumdes,"kata Kamidi. Mengenai tujuan workshop, untuk menggerakkan sekaligus meningkatkan Bumdes yang bergerak disektor pertanian yang desanya menjadi lokasi perluasan tanam pertanian organinik.

Peserta Workshop Kemitraan Bumdes yang terdiri para pengelola Bumdes dari berbagai desa di HSS.
Peserta Workshop Kemitraan Bumdes yang terdiri para pengelola Bumdes dari berbagai desa di HSS. (HO/Dinas Kominfo HSS)

"Juga membangun kemitraan untuk mencapai tujuan dalam program yang tertuang di RPJMD Kabupaten HSS Sehati Plus Cinta yaitu Bergerak Bangkit Bersama Bumdes Meningkatkan Ekonomi desa di HSS,"kata Kamidi.

Peserta Workshop berjumlah 120 orang, terdiri pengelola Bumdes yang mengembangkan potensi di bidang pertanian. Adapun narasumber, dari Bank Kalsel Syariah Cabang Kandangan, dan Direktur Bumdes Bakti Desa Gambah Dalam Barat yang mengembangkan pertanian organik. (*/AOL)

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved