Melihat Perjuangan Atlet Difabel Banua

Inilah Sosok Dibalik Pencetak Atlet Difabel Kalimantan Selatan hingga Berprestasi Dunia

Atlet difabel Banua yang tergabung di National Paralympic Commitee (NPC) Kalimantan Selatan (Kalsel) seakan tidak kehabisan stok emlahirkan atlet

Inilah Sosok Dibalik Pencetak Atlet Difabel Kalimantan Selatan hingga Berprestasi Dunia
Istimewa
Sopian dari NPC Kalsel. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Atlet difabel Banua yang tergabung di National Paralympic Commitee (NPC) Kalimantan Selatan (Kalsel) seakan tidak kehabisan stok emlahirkan atlet berprestasi.

Tidak saja tingkat nasional bahkan sudah mampu menembus tingkat dunia.

Hal itu tidak lepas dari tangan dingin Wakil Ketua II Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) NPC Kalsel, Sopian.

Tanpa mengesampingkan peran pengurus NPC lainnya, Sopian merupakan pengurus yang memiliki insting tajam soal menemukan atlet berprestasi.

Menurut Sopian disiplin dan mengikuti program pelatih dalam latihan adalah hal utama bagi atlet. Sebagai pengurus dia juga rajin memotivasi dan turun memonitor para atletnya di lapangan.

Baca: Hanya dengan Sebelah Kaki, Hero Rutin Pecahkan Rekor Nasional dan Juara Dunia

Baca: Juara Dunia Cabang Atletik, Muhammad Ihsan Dapat Rumah dan Umrohkan Ibu Tercintanya

"Kami sebagai pengurus selalu memotivasi jadilah sang juara/pemenang. Karena dalam keadaan dengan segala keterbatasan kalian klo rajin berlatih dan berhasil tentunya akan meningkatkan harkat dan martabat dirinya sendiri," kata Sopian.

Tinggal setahun lagi Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tahun 2020 di Papua bakal digelar. NPC Kalsel pun tidak ketinggalan dalam mengirimkan atlet.

Antara 85 sampai 100 atlet disiapkan diajang empat tahunan ini. Sementara 11 cabor atletik, renang, bulutangks, tenis meja.angkat berat, catur, goal ball, panahan, volly duduk, judo, sepak bola cp disiapkan untuk melahirkan atlet baru bagi Tanah Air.

"Jumlah ini lebih banyak pada sebelumnya karena bertambah cabor dan bertambah juga klasifikasi atletnya," terang Sopian.
Jika ingin berhasil melahirkan atlet berpredikat dunia, Sopian menerangkan pihaknya membuat persiapan dan perhitungan yang tepat.

"Sebelum atlet berangkat ke Malaysia saya katakana, kalian pasti bisa juara umum. Sebab, hitungan target dan limit lawan telah banyak kita lampaui," pungkas dia.

(Banjarmasinpost.co.id/Khairil rahim)

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved