Berita Kotabaru

41 Relawan SAR Kotabaru di Latih Cara Melompat yang Benar dari Kapal Basarnas ke Laut

Sebanyak 41 relawan SAR mengikuti pelatihan pertolongan di air atau water rescue yang digelar Kantor Pertolongan dan Pencarian Banjarmasin

41 Relawan SAR Kotabaru di Latih Cara Melompat yang Benar dari Kapal Basarnas ke Laut
Banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat
Sebanyak 41 relawan SAR mengikuti pelatihan pertolongan di air atau water rescue yang digelar Kantor Pertolongan dan Pencarian Banjarmasin, di Kabupten Kotabaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Sebanyak 41 relawan SAR mengikuti pelatihan pertolongan di air atau water rescue yang digelar Kantor Pertolongan dan Pencarian Banjarmasin, di Kabupaten Kotabaru.

Semua relawan langsung terjun ke lapangan untuk mengetahui secara langsung cara menyelematkan orang. Bahkan mereka harus melompat dari kapal milik Basarnas yakni KN SAR Laksamana 241. Mereka melompat ke laut dari kapal yang berukuran cukup besar itu.

Mereka terjun langsung secara bergantuan di laut Sarang Tiung Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru.

Peserta yang tergabung dari kalangan instansi, pelajar, mahasiswa dan relawan sosial itu tanpa ragu untuk melompat.

Baca: LIVE Indosiar! Link Live Streaming Kalteng Putra vs Arema FC Piala Presiden 2019, Cek Link Vidio.com

Baca: Jelang Debat Kelima Pilpres 2019 Capres Jokowi vs Prabowo, Ini 5 Fakta Kampanye Capres & Cawapres

Baca: Mulai 1 Mei Semua Mobil Angkutan di Kalsel Wajib Pasang Alat Pemantul Cahaya

Namun, cara melompat yang benar juga harus diketahui sehingga tidak membahayakan si penolong.

M Ramdani misalnya, pelajar yang satu ini tanpa ragu untuk melompat. Sebab sebelumnya dia pernah mengikuti pelatihan SAR sehingga sedikit mengetahui dasar pertolongan. Namun dengan kembalinya mengikuti kegiatan tersebut, ilmunya kian bertambah.

"Senang bisa ikut dipelatihan ini, sebelumnya saya juga pernah mengikuti pelatihan SAR. Setidaknya ilmu bisa terus bertambah dan akan senang bisa membantu orang lain, " kata pelajar dari SMK Islam Pelayaran Albukhari di Kotabaru ini.

Dia tanpa ragu, mengikuti kegiatan bersama 40 rekannya yang lebih tua. Sebab ada sekitar 20 instansi yang dilibatkan dalam pelatihan Water Rescue di Kotabaru yang akan berakhir pada Sabtu (6/4/19).

Sementara itu, Panitia pelaksana dari Kantor Pertolongan dan Pencarian Banjarmasin, Endrow mengatakan kegiatan itu sudah berjalan sejak 1 April lalu dan kali ini merupakan hari ke lima dengan turun langsung dari pelabuhan PPI Kotabaru menuju Pantai Sarang Tiung dengan menggunakan KN SAR Laksmana 241.

Potensi SAR ini merupakan perwakilan dari instansi relawan, pelajar, mahasiswa, hingga TNI dan Polri di wilayah Kotabaru.

Mereka dibekali dengan ilmu cara penyelamatan di air. Semua potenai SAR tersebut diberikan pelatihan. Pelatihan itu berupa cara memberikan pertolongan dan cara menyelamatkan orang dengan tetap prioritas keselamatan diri sendiri sebab itu yang paling utama.

"Mereka sudah dibekali materi diruangan dan setelahnitu latihan praktek langsung di air, cara melompat di air dan cara menyelamatkan atau memberikan pertolongan di air. Kemarun di kolam renang dan sekarang kangsung di laut, " kata, Jumat (5/5/19).

Kegiatan itu akan berakhir pada Sabtu (6/4/19). Harapannya dengan pelatihan ini, mereka bisa menguasai teknik dasar melakukan pertolongan di air. Masuknya mereka di pelatihan Water Reacue ini menjadikan mereka masuk dalam database Basarnas sebagai relawan.

"Sehingga bila ada kejadian, mereka bisa langsung dilibatkan karena sudah menguasai teknik dasar untuk pertolongaan di air. Sebab kami tidak bisa bergerak sendiri sehingga membutuhkan peran dari potensi potensi SAR khusunya yang ada di Kotabaru ini, " katanya. (Banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved