Berita Banjarmasin

Mulai 1 Mei Semua Mobil Angkutan di Kalsel Wajib Pasang Alat Pemantul Cahaya

Halaman Hotel Rattan Inn Banjarmasin, ramai mobil angkutan seperti bus, mobil ekspedisi, dan sejumlah mobil angkutan lainnya, Jumat (5/4/19) siang.

Mulai 1 Mei Semua Mobil Angkutan di Kalsel Wajib Pasang Alat Pemantul Cahaya
Hamsin untuk Banjarmasinpost.co.id
KEPALA Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XV Provinsi Kalimantan Selatan Ardono, memasangkan stiker pemantul cahaya pada bus damri, Jumat (5/4/19) siang di halaman Hotel Rattan In Banjarmasin. Mulai 1 Mei 2019 semua jenis angkutan baru wajib untuk memasang stiker tersebut untuk menekan kecelakaan lalulintas. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Halaman Hotel Rattan Inn Banjarmasin, ramai mobil angkutan seperti bus, mobil ekspedisi, dan sejumlah mobil angkutan lainnya, Jumat (5/4/19) siang.

Menariknya, sejumlah mobil angkutan tersebut sedang dipasangi stiker alat pemantul cahaya yang fungsinya untuk membantu keselamatan berlalulintas.

Hadir dalam acara ini Kepala Dinas Perhubungan Kalsel Rusdiansyah, Pengurus Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Ali Musa Siregar,

Pengurus Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kalsel, dan Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Kalsel AKBP Nina Rahmi.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XV Provinsi Kalimantan Selatan Ardono, sesuai ketentuan dunia, maka setiap kendaraan itu harus ada batas dimensinya dan harus ada alat yang memberitahukan tinggi dan lebar mobil saat melaju di jalan raya, terutama pada malam hari.

Baca: Jelang Debat Kelima Pilpres 2019 Capres Jokowi vs Prabowo, Ini 5 Fakta Kampanye Capres & Cawapres

Baca: LIVE RCTI! Link Live Streaming Southampton vs Liverpool di Liga Inggris Malam Ini, Cek Cara Nonton

Baca: LIVE STREAMING TVRI Malaysia Open 2019, Siaran Langsung TVRI Jam 14.00 WIB, Ada Marcus/Kevin!

“Terkadang sering lampu truk besar dan trailer itu mati. Ini harus segera ditangani karena membahayakan bagi pengguna jalan lainnya. Jadi saat malam hari, truk berhenti di jalan sering ditabrak dari belakang karena tidak kelihatan,” katanya.

Menurutnya, dalam perkembangan zaman, ada stiker yang mampu memantulkan stiker cahaya dengan bagus. Dan saat ini sudah ada ketentuan kewajiban mobil angkutan baru wajib memasang stiket alat pemantul cahaya tambahan selaian keberadaan lampu mulai 1 Mei 2019 ini. Sementara, untuk mobil angkutan lama, paling lambat November 2019 harus sudah terpasang stiker pemantul cahaya.

“Meki ada lampu, namun stiker alat pemantul cahaya tetap berfungsi membantu keselamatan lalulintas. Kewajiban pemasangan alat pemantul cahaya ini sudah berlaku nasional dan Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XV akan menfasilitasi sosialiasi stiker pemantul cahaya untuk di Kalsel ini,” katanya.

(Banjarmasinpost.co.id/edi nugroho).

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved