Mengenal Tradisi Baarak Naga Batola

Muncul Sejak 100 Tahun Lalu di Marabahan Kabupaten Batola, Gara-gara Digangu Siluman Naga saat Mandi

Mempunyai nilai sejarah yang tinggi. Itulah tradisi mengarak pengantin di atas kepala naga di kawasan Ulu Benteng, Kecamatan Marabahan

Muncul Sejak 100 Tahun Lalu di Marabahan Kabupaten Batola, Gara-gara Digangu Siluman Naga saat Mandi
Akbar Warga Ulu Benteng
BAARAK naga, tradisi mengarak pengantin di atas kepala naga di kawasan Ulu Benteng, Kecamatan Marabahan, Kabupaten Batola. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Mempunyai nilai sejarah yang tinggi. Itulah tradisi mengarak pengantin di atas kepala naga di kawasan Ulu Benteng, Kecamatan Marabahan, Kabupaten Batola, yang digelar saat musim pengantin tiba.

“Iya nilai sejarahnya cukup tinggi karena sudah tradisi mengarak pengantin di atas kepala naga sudah ada sejak 100 tahun silam,” kata Sarfin (60), warga Kelurahan Ulu Benteng, Kecamatan Marabahan, Kabupaten Batola, Senin (8/4/19).

Menurut Sarfin, naga pertama kali diperkenalkan oleh seorang sesepuh kampug di Ulu Benteng karena keluarganya sering diganggu siluman berbentuk sosok naga.

Baca: Saking Kerasnya Digoyang Si Naga, Pengantin Pria Harus Diurut Dulu Sebelum Tempur Malam Pertama

Baca: Pengantin Pria Sampai Terjatuh saat Kepala Naga Digoyang, Warga Pun Tak Jarang Kesurupan

Baca: Kalau Rumah Mempelai Pria Jauh, Kepala Naga Terpaksa Diangkut Pakai Kelotok

Untuk itulah, dibuat kepala naga yang dijadikan sebagai arak-arakan penganten.

"Sesepuh kampung awalmua sering saat mandi di jamban, merasa diselimuti naga, sepintas terlihat sepintas tidak. Inilah awalnya munculnya tradisi bararak naga di Ulu Benteng,” katanya.

Menurutnya, kepala naga awalnya dibuat untuk mengusir dan menghalau gangguan dari sosok naga. Tradisi itu akhirnya diteruskan ke generasi berikutnya dan sampai sekarang sudah masuk ke generasi ketiga.

(Banjarmasinpost.co.id/edi nugroho)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved