Berita Banjarmasin

UNBK Hari Terakhir Tingkat SMA, Soal Ujian Jenis Hots Membuat Siswa Berfikir Lebih Tinggi 

Tentunya pada hari terakhir itu, sejumlah siswa telah melewati tiga hari mereka untuk mengerjakan setiap soal dari mata pelajaran yang diujikan.

UNBK Hari Terakhir Tingkat SMA, Soal Ujian Jenis Hots Membuat Siswa Berfikir Lebih Tinggi 
Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti
Sejumlah siswa di SMAN 4 Banjarmasin terlihat serius mengerjakan soal UNBK di hari terakhir, Senin (8/4/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pelaksanaan UNBK tingkat SMA sederajat akhirnya berakhir, Senin (8/4/2019). Tentunya pada hari terakhir itu, sejumlah siswa telah melewati tiga hari mereka untuk mengerjakan setiap soal dari mata pelajaran yang diujikan.

Sebagaimana diketahahui, UNBK telah dimulai sejak Senin (1/4/2019) kemaren. Pelaksananya dilakukan pada Senin, Selasa, Rabu dan dilanjutkan pada Senin berikutnya, yakni 8 April.

Dari semua soal ujian untuk UNBK kali ini, dua siswa SMAN 4 Banjarmasin, Jalan Teluk Tiram, Banjarmasin, Misdayanti dan Dewi Ariyanti beranggapan soal matematika dirasa sangat sulit. Bagaimana tidak, tahun ini, soal jenis High Older Thinking Skill (HOTS) kembali keluar.

Ya, soal ini merupakan soal ujian berbentuk cerita yang mengarahkan pada pengaplikasian di kehidupan sehari-hari. Dari soal ini, siswa tak hanya berfikir atau menceritakan kembali soal yang ia baca. Lebih dari itu, siswa diharuskan berfikir leboh dalam, fokus dan menyajikan kembali fakta dari soal yang didapat.

Baca: Jumang, Korban Tanah Longsor di Pendulangan Intan Pumpung Cempaka, Masih Belum Ditemukan

Baca: Dumat Ditemukan Tak Bernyawa dari Longsor Tebing Pendulangan Intan Cempaka

Baca: BREAKING NEWS : Longsor di Pumpung Cempaka Lima Orang Warga Dilaporkan Tertimbun

“Kalau mengenai listrik, jaringan atau menggunakan komputer itu tidak ada kendala. Tapi ketika mengerjakan soal matematika, itu susah sekali,” ucap Dewi.

Soal bentuk Hots yang keluar ujar Dewi merupakan jenis baru. Meski ada pembelajaran di sekolah sebelumnya untuk strategi menjawab Hots, namun waktu pembelajaran baginya cukup sempit.

“Soal Hots yang sulit itu seperti ada soal yang diminta memecahkan password. Kemudian ada pula mengenai peluang dan trigonometri,” sambung Misda.

Bahkan Dewi meakui, dari 40 soal matematika yang ia kerjakan, hanya 10 soal yang benar-benar ia jawab maskimal. Sisanya hanya setengah-setengah.

Kepala SMAN 4 Kota Banjarmasin, Tumiran juga mednapatkan keluhan serupa dari siswa. Ujarnya memang banyak siswa mengadu sulitnya soal jenis Hots. Beruntung, sekolah juga telah membekali siswa untuk menjawab soal jenis tersebut.

Baca: BREAKING NEWS - Kebakaran di Alalak Selatan Ternyata Sengaja Dibakar, Hakim: Aku yang Membakar!

Baca: Penampakan Rumah Mewah Nikita Mirzani yang Marmernya 700 Juta, Ruben Onsu Temukan Foto Dipo Latief?

Baca: DLH Tabalong Tanam 130 Pohon Angsana di Pinggir Jalan untuk Kurangi Polusi Udara

Berkaca dari tahun sebelumnya soal ujian jenis Hots diakui Tumiran sempat mengagetkan siswa. Karena baru pertama kali keluar saat ujian. Sementara tahun ini, pihak sekolah pun telah mempelajari dan masuk di kurikulum.

Halaman
12
Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved